Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan, Bisa Coba Naik Bus Tingkat Gratis di Semarang

Kompas.com - 09/07/2023, 23:10 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Bus wisata tingkat Si Denok, Si Kuncung, dan Si Kenang yang disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang memungkinkan wisatawan menjelajahi Kota Atlas secara gratis.

Rupanya, peminat bus wisata ini tak hanya datang dari wisatawan lokal, tetapi juga luar daerah.

"Secara prinsip, permohonan yang masuk (menggunakan bus wisata) itu bukan hanya untuk warga Kota Semarang. Boleh," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro P Martanto, di Semarang, Minggu (9/7/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Ia menambahkan, selama liburan sekolah, bus wisata ini juga nyaris tak pernah beristirahat melayani penumpang setiap hari.

Ia mencontohkan, sempat ada rombongan wisatawan dari Kuningan, Jawa Barat yang naik bus wisata ini untuk berkeliling Semarang.

"Kemarin full enggak pernah berhenti. Hampir tiap hari enggak pernah ada vakumnya," ucap dia.

Gratis, berangkat tiga kali sehari

Saat ini, bus wisata Si Denok, Si Kuncung, dan Si Kenang masih bisa diakses secara gratis.

"Gratis, sementara ini gratis. Alhamdulillah, kami sampai sekarang masih bisa melayani. Ya, kami berpikir semata-mata untuk memperkenalkan Kota Semarang," ujar Endro.

Wisatawan yang memenuhi bus tingkat wisata Semarang di lantai atas, Jumat (6/9/2017) bus ini mengantarkan 70 orang sekaligus dalam satu kali trip. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan yang memenuhi bus tingkat wisata Semarang di lantai atas, Jumat (6/9/2017) bus ini mengantarkan 70 orang sekaligus dalam satu kali trip.

Bus wisata Semarang ini beroperasi hanya Sabtu dan Minggu untuk umum dengan tiga kali perjalanan dalam sehari.

Sementara untuk rombongan bisa mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Dishub Kota Semarang, dengan maksimal kapasitas 60 orang. Jadwalnya menyesuaikan antrean.

Bagi calon penumpang umum, bisa datang ke Museum Ranggawarsita membawa kartu identitas. Masing-masing kartu identitas dapat digunakan untuk dua tempat duduk.

Baca juga:

Adapun rute yang dilalui mulai dari Museum Ranggawarsita, Kalibanteng, Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Muda, Jalan Imam Bonjol, Stasiun Poncol, Kota Lama (Titik 0 Kilometer), Jalan Pemuda, Balai Kota, Lawang Sewu, dan Tugu Muda.

Kemudian, berlanjut ke Jalan Pandanaran, Simpang Lima, pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran, Kampung Pelangi, Taman Kasmaran, Kaligarang, Sam Poo Kong, Pamularsih, dan berakhir di Museum Ranggawarsita.

Ke depannya, Endro tak menutup kemungkinan adanya penambahan jadwal bus wisata.

"Normalnya itu "trip" tiga kali ya, tapi bisa ditambah melihat permintaan yang masuk," katanya pula.

@kompastravel Cara yang paling oke nih buat mengenal Kota Malang lebih dekat! Gratis loh. Dengan Malang City Tour ini, kita bisa keliling Kota Malang plus ada penjelasan dari tour guide yang super ramah! Adapun jam operasional bus Macito adalah Senin-Kamis pukul 09.00-15.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 10.00-17.30 WIB. Favorit kamu bus yang warna apa nih? #exploremalang #malanghits #wisatamalang #malangkota ? Dino Song - Mr. Popolo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com