Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Atasi Lelah Setelah Bepergian, Tidur yang Cukup

Kompas.com - 17/07/2023, 17:30 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terkadang melakukan perjalanan bisa menimbulkan kelelahan dan stres.

Wisatawan tidak hanya mengunjungi tempat wisata, tapi juga merencanakan perjalanan, berada di pesawat dalam jangka waktu yang lama, atau berjalan kaki cukup jauh.

Baca juga:

"Ketika kita bepergian, ada dua tekanan pada tubuh yaitu fisik dan psikologis," tutur Wakil Presiden Sains dan Inovasi di perusahaan teknologi kebugaran Therabody, Tim Roberts, dikutip dari Washington Post, Senin (17/7/2023).

Bila kamu mengalami hal yang sama, berikut tips memulihkan diri setelah bepergian yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Cara atasi capek sehabis liburan

1. Tidur

Ilustrasi tidur di pesawat sambil mendengarkan musik.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tidur di pesawat sambil mendengarkan musik.

Sepulangnya dari liburan, jangan lupa untuk tidur. Bepergian bisa menyebabkan tubuh lelah, bahkan bila kamu tergolong orang yang kuat dan sehat.

Tidur dinilai sebagai salah satu cara tercepat untuk mengembalikan energi dan menyegarkan otak. Usahakan tidur cukup dan atur ulang jadwal tidur dengan baik.

Selama lima sampai tujuh hari pertama setelah bepergian, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, misalnya tidur pukul 22.00 WIB dan bangun pada pukul 6.00 WIB keesokan harinya.

Jadwal tidur yang teratur bisa membuat tubuh lebih cepat beradaptasi kembali dengan rutinitas.

Baca juga:

Rutinitas tidur yang konsisten juga membantu mengatasi jet lag dan memungkinkan seseorang untuk kembali melakukan rutinitas normal.

Menurut Kristal Hicks dari perusahaan perjalanan Top Tier Travel Group, tidur di kasur terasa lebih menyegarkan.

"Meskipun ada orang yang bisa tidur di pesawat, tidur siang yang nyaman di kasur terasa lebih menyegarkan karena dapat meregangkan tubuh," kata Hicks, dilansir dari Doyou, Senin (17/7/2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com