Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pramuka Nasional, Ini 4 Camping Ground di Karanganyar

Kompas.com - 14/08/2023, 18:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Berkemah saat ini jadi salah satu aktivitas wisata untuk mengisi hari libur dan waktu luang. Saat ini, banyak area camping ground yang biasanya digunakan wisatawan untuk berkemah.

Adapun aktivitas berkemah ternyata sudag ada sejak zaman dulu, yakni berhubungan dengan pramuka atau kepanduan.

Di Indonesia, Hari Pramuka Nasional diperingati setiap 14 Agustus. Gerakan pramuka atau pendidikan kepanduan yang lazim dijumpai di sekolah-sekolah masa kini, ternyata sudah lama muncul di Tanah Air.

Baca juga: Pulau Pramuka Bakal Punya Spot Baru untuk Nikmati Sunrise dan Sunset

Dikutip dari laman resmi pramuka, gerakan pendidikan kepanduan di Tanah Air bahkan sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Tempat camping di Solo Raya

Bagi masyarakat Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang ingin berkemah untuk merasakan sensasi pramuka atau kepanduan, bisa melakukannya di 5 tempat berikut ini:

1. Camping Ground Segorogunung

Segoro Gunung merupakan tempat lepas landas olahraga paralayang. Lokasinya berada di Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Tempat ini juga menyediakan tempat untuk mendirikan tenda. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan panorama dari ketinggian.

2. Bumi Perkemahan Sekipan, Tawangmangu

Masih di wilayah Kabupaten Karanganyar, terdapat tempat camping, yakni Bumi Perkemahan Sekipan.

Hutan Pinus sekitar Bukit Sekipan DOK. Shutterstock Hutan Pinus sekitar Bukit Sekipan DOK. Shutterstock

Berbeda dengan Segorogunung, tempat camping ini berada di kawasan hutan pinus, sehingga suasananya teduh dan sejuk. Berada di lereng Gunung Lawu, membuat udara terasa dingin.

3. Bumi Perkemahan Pleseran

Berlokasi tidak jauh dari Sekipan, ada tempat berkemah lain yang berada di kawasan hutan pinus, yakni Bumi Perkemahan Pleseran.

Bumi Perkemahan Pleseran, Tawangmangu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bumi Perkemahan Pleseran, Tawangmangu.

Selain tempat berkemah, ada kolam renang dari aliran sungai di sini bernama Telogo Asmoro. Wisatawan bisa menceburkan diri untuk merasakan sensasi dinginnya air Gunung Lawu.

4. Telaga Madirda

Ada satu tempat wisata berupa danau atau telaga di Kabupaten Karanganyar, yakni Telaga Madirda. Tempat ini juga menyediakan camping ground.

Tenda karantina bagi pemudik yang masih nekat pulang kampung terpasang di objek wisata alam Telaga Madirda Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Tenda karantina bagi pemudik yang masih nekat pulang kampung terpasang di objek wisata alam Telaga Madirda Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Wisatawan bisa berkemah di tepi danau yang sejuk karena berada di lereng Gunung Lawu. Aktivitas lain adalah naik kano atau bebek kayuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com