Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-oleh Khas Indonesia Bisa Ditemukan di Stasiun MRT, Apa Saja?

Kompas.com - 08/09/2023, 15:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat di Jakarta yang berniat belanja oleh-oleh khas Indonesia, bisa coba mampir ke Stasiun MRT ASEAN di Jakarta Selatan.

Mulai Rabu (6/9/2023) sampai Sabtu (9/9/2023), diadakan event (acara) CelebrASEAN 2023: ASEAN and Creative Economy Week di beberapa stasiun MRT, salah satunya di Stasiun MRT ASEAN

Baca juga:

Selain bertujuan memperkuat dan meramaikan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, penyelenggaraan event ini salah satunya untuk memberdayakan ekonomi rakyat. 

"Kita harapkan ini menjadi momentum selebrasi KTT ASEAN, juga menciptakan peluang usaha dan harapannya menciptakan geliat ekonomi yang akhirnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) terberdayakan dan Insyaallah lapangan kerja juga tercipta," jelas Sandiaga di lokasi, Kamis (7/9/2023). 

Dari jamu sampai batik

Masyarakat yang akan melewati Skybridge ASEAN di Stasiun MRT ASEAN, nantinya akan menemukan bazar yang menampilkan sekitar 23 booth produk pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). 

Beberapa pelaku parekraf yang hadir, antara lain Dapur Mama Eza Rendang, Ahza, Cabilong, Galleries Abata, MAGYS & Ka Ha Su, de'Dessert (Dessert Ibukota), Safaa Craft, Qorychan Handmade, Gandaria Batik Betawi, dan Ngramu Djamoe.

Baca juga: Rekomendasi Wisata untuk Delegasi KTT ASEAN 2023, dari Ancol hingga Setu Babakan

Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif turut memeriahkan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN melalui penyelenggaraan ?CElebrASEAN 2023? yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) yang diselenggarakan di Skybridge ASEAN, Stasiun MRT ASEAN, pada 6-9 September 2023Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif turut memeriahkan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN melalui penyelenggaraan ?CElebrASEAN 2023? yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) yang diselenggarakan di Skybridge ASEAN, Stasiun MRT ASEAN, pada 6-9 September 2023

Jika tertarik berburu aneka produk ekonomi kreatif lokal atau oleh-oleh khas Jakarta dan negara ASEAN lainnya, kamu bisa langsung membelinya di booth Stasiun MRT ASEAN. 

Adapun kalau masih mau melihat-lihat, kamu bisa menggali informasi seputar produk yang menarik mata. Tanyakan kepada penjual ketersediaan barang lewat penjualan daring, atau lokasi toko mereka. 

Ragam oleh-oleh di Stasiun MRT ASEAN

Lalu, ada jenis oleh-oleh apa saja yang bisa dibeli saat gelaran “CelebrASEAN 2023: ASEAN and Creative Economy Week" di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta? Berikut informasinya. 

1. Aneka fesyen

Dari puluhan booth yang ada, pengunjung bisa menemukan beragam produk fesyen khas Indonesia, mulai dari batik tulis, batik cap, kain daerah, topi, dompet, hingga dasi. 

Misalnya, batik produksi Jakarta dengan jenis batik cap satu warna seharga mulai Rp 150.000, sedangkan batik tulis mulai Rp 800.000-an. Ada juga tas dari kulit pisang yang ditawarkan Desa Wisata Keranggan di Tangerang. 

Tidak hanya kain batik biasa, beberapa kain atau pakaian yang ditawarkan di pekan ekonomi kreatif ASEAN itu menyajikan gambar menarik. Salah satunya gambar ondel-ondel sebagai icon Jakarta. 

Baca juga: Menparekraf Ajak Delegasi KTT ASEAN 2023 Jelajahi Indonesia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com