Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Pakai Headphone di Pesawat, Ini Alasannya

Kompas.com - 25/09/2023, 21:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Penumpang pesawat biasanya memakai headphone saat berada dalam kabin untuk mendengarkan musik, film, atau guna mengurangi suara bising dari mesin. Namun ternyata, penumpang perlu berhati-hati saat menggunakan headphone di dalam pesawat. 

Baca juga:

Pakar Penerbangan sekaligus Manajer Operasional di FlyDays.co.uk, Dan Jones, menuturkan, pemakaian headphone di dalam pesawat bisa menyebabkan masalah bagi penumpang.

Masalah dapat muncul jika penumpang pesawat menggunakan headphone selama pemberian instruksi keselamatan oleh kru maskapai.

Sebagian besar dari kita, langsung memakai headphone saat berada di dalam pesawat. Tetapi sangat penting dalam penerbangan, Anda harus menunggu sampai instruksi keselamatan selesai disampaikan sebelum memakai headphone,” ujar Jones dilansir dari The Sun, Senin (25/9/2023).

Ilustrasi penumpang pesawat menggunakan headphone
Freepik/ DCStudio Ilustrasi penumpang pesawat menggunakan headphone

Pramugari dapat meminta penumpang melepas headphone, saat memberikan instruksi keselamatan. Jika penumpang menolak melepas headphone saat pemberian instruksi keselamatan, maka bisa dikenai denda hingga 5.000 poundsterling atau sekitar Rp 94 juta.

Baca juga:

Pada situs resminya, Otoritas Penerbangan Sipil menyatakan bahwa ketidakpatuhan terhadap instruksi keselamatan atau keamanan, adalah perilaku yang mengganggu, sehingga bisa dikenai denda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com