Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan Rahasia di Inggris Bakal Dijadikan Tempat Wisata

Kompas.com - 29/09/2023, 07:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber CNN

KOMPAS.com - Kingsway Exchange, terowongan rahasia saat Perang Dunia II sepanjang sekitar 1,6 kilometer di Inggris akan dibangun ulang untuk dijadikan tempat wisata. 

Jika mendapatkan izin, pembangunan ulang terowongan ini akan dilakukan oleh yim yang terdiri dari sejumlah arsitek, termasuk yang berada di balik proyek Gardens by the Bay di Singapura dan Pembangkit Listrik Tenaga Air Battersea di London, seperti dikutip dari CNN

Baca juga: Ratusan Situs Perang Dunia I Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Terowongan ini terletak sekitar 40 meter di bawah stasiun kereta bawah tanah Chancery Lane di High Holborn.

"Sejarah terowongan ini, skalanya, dan lokasinya yang berada di antara Holborn London dan Square Mile yang bersejarah bisa menjadikan terowongan ini salah satu tujuan wisata populer di London," kata CEO The London Tunnels, Angus Murray, seperti dikutip CNN.

Pada 1940-an, terowongan ini dibangun sebagai tempat berlindung bagi warga London selama pengeboman Blitz pada masa Perang Dunia II. 

Setelah itu, terowongan ini digunakan sebagai rumah bagi Eksekutif Operasi Khusus rahasia Inggris, cabang dari MI6, yang menjadi inspirasi untuk karakter Q Branch dalam kisah James Bond.

Baca juga: Mau Wisata Sejarah Sambil Menikmati Alam Bawah Laut? Coba Diving Bernuansa Perang Dunia II di Morotai

Pada 1950-an, terowongan ini juga berfungsi sebagai Kingsway Telephone Exchange yang digunakan untuk pertukaran komunikasi internal selama Perang Dingin, termasuk "hot line" yang menghubungkan langsung pemimpin Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Namun, terowongan ini direncanakan baru bisa menyambut wisatawan pada 2027 mendatang. 

Adapun rencana untuk menghidupkan kembali terowongan ini diperkirakan akan melibatkan investasi sekitar 170,5 juta dollar AS untuk restorasi dan 97 juta dollar AS untuk layar imersif beresolusi tinggi, struktur interaktif, teknologi pemancar aroma, dan pengeras suara. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com