Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Wisata ke Taman Nasional di Amerika, Rencanakan Kunjungan

Kompas.com - 18/10/2023, 17:30 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Wisata ke taman nasional (national parks) jadi salah satu aktivitas wajib saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS). 

Data dari laman National Park Service menunjukkan, negara ini memiliki 425 unit (taman) yang bisa dikunjungi dengan keunikan masing-masing, tidak hanya dari alamnya.

Baca juga:

"Kami punya beragam situs dan tempat untuk dikunjungi di AS, ada beberapa taman nasional, area tepi danau (lakeshore) nasional, dan cagar alam laut. Tidak semuanya tentang hiking dan aktivitas fisik, tapi juga banyak kegiatan seru lainnya," tutur Commercial Attaché U.S. Embassy Indonesia, Melissa Marszalek dalam webinar National Park Adventures, Rabu (18/10/2023).  

Taman Nasional Grand Canyon di Arizona, misalnya, menawarkan panorama jurang dan desa bersejarah sekitar awal era 1900-an.

Tidak hanya itu, ada pula Golden Gate National Recreation Area (Area Rekreasi Nasional Golden Gate), San Francisco. Di area ini, wisatawan bisa berjalan di jembatan Golden Gate dan mengunjungi Pulau Alcatraz yang terkenal akan penjaranya.

Namun, sebelum berkunjung ke taman nasional, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan wisatawan. Berikut selengkapnya:

Tips jalan-jalan ke taman nasional di AS

1. Rencanakan kunjungan

Panorama Lembah Lembah Yosemite di Taman Nasional Yosemite di California, AS yang disebut mirip Lembah Harau, Sumatera Barat. Dok. National Park Service AS Panorama Lembah Lembah Yosemite di Taman Nasional Yosemite di California, AS yang disebut mirip Lembah Harau, Sumatera Barat.

Tourism Analyst, National Park Service, Donald Leadbetter menyarankan calon pengunjung untuk membuat rencana perjalanan jauh-jauh hari dengan baik.

"Jadi mereka bisa menyiapkan perjalanan, mereka tahu apa yang mereka mau, mereka tahu pemandangan apa yang mereka ingin lihat, dan mungkin jenis reservasi apa yang mereka harus lakukan," tutur Leadbetter dalam acara yang sama, Rabu (18/10/2023).

Wisatawan bisa mencari tahu lebih jauh dengan mengunjungi situs web National Park Service, lalu memilih taman yang diinginkan guna mendapat informasi terbaru terkait taman tersebut.

Baca juga:

2. Datang lebih awal

Panorama matahari terbenam di Joshua Tree National Park atau Taman Nasional Joshua Tree di California, Amerika Serikat. Dok. Unsplash/Cedric Letsch Panorama matahari terbenam di Joshua Tree National Park atau Taman Nasional Joshua Tree di California, Amerika Serikat.

Leadbetter juga menyarankan wisatawan untuk datang lebih awal ke taman yang diinginkan guna menghindari kemungkinan munculnya kepadatan pengunjung.

Sebaliknya, pengunjung juga dianjurkan tinggal lebih lama di area taman. 

Baca juga: Pendaki Indonesia Capai Puncak Gunung Tertinggi di Amerika Utara

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com