Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Liburan ke Pulau Merak Kecil, Wisata Dekat Stasiun Merak

Kompas.com - 15/11/2023, 15:24 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANTEN, KOMPAS.com - Pulau Merak Kecil termasuk tempat wisata yang bisa dituju jika sedang berada di kawasan Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten. 

Selain dekat pelabuhan, Pulau Merak Kecil juga dekat dengan stasiun paling barat di Pulau Jawa yaitu Stasiun Merak. Jarak keduanya sekitar 2,6 kilometer, sebelum penyeberangan ke pulau.

Baca juga:

"Di sini (Pulau Merak Kecil) bisa lihat matahari terbit dan matahari terbenam karena posisi pulau berada di tengah-tangah (lautan)," kata penyedia jasa wisata di Pulau Merak Kecil, Rangga saat ditemui Kompas.com di lokasi, Selasa (14/11/2023).

Wisatawan yang berencana liburan ke Pulau Merak Kecil dalam waktu dekat, bisa simak panduan berikut.

 

Panduan liburan ke Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil, wisata pantai di ujung barat Pulau Jawa, Selasa (14/11/2023). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Pulau Merak Kecil, wisata pantai di ujung barat Pulau Jawa, Selasa (14/11/2023).

Berdasarkan pengalaman Kompas.com berkunjung ke Pulau Merak Kecil, Selasa (14/11/2023), wisatawan yang datang dari arah Jakarta, Bogor, Cikarang, dan Tangerang, perlu naik KRL Commuter Line ke Stasiun Rangkasbitung terlebih dahulu.

Setibanya di Stasiun Rangkasbitung, wisatawan bisa transit naik Kereta Api (KA) Lokal ke Stasiun Merak. Perjalanan naik KA lokal ini berdurasi kira-kira 1 jam 45 menit, dan melewati sembilan stasiun sebelum tiba di stasiun akhir.

Setibanya di Stasiun Merak, wisatawan bisa jalan kaki keluar gerbang stasiun, jaraknya sekitar 500 meter. Di ujung gerbang stasiun, naiklah angkutan kota (angkot) berwarna merah.

Baca juga: 10 Wisata Dekat Pelabuhan Merak Banten, Ada Pantai dan Bukit 

Biasanya, saat naik angkot, penumpang ditanya perihal tujuan wisata. Kamu bisa menyebutkan hendak ke Pulau Merak Kecil, dan tarif yang perlu dibayar mulai Rp 5.000 per orang.

Angkot yang ditumpangi ini nantinya langsung mengantar penumpang ke lokasi penyeberangan menuju Pulau Merak Kecil.

Biaya yang dibutuhkan untuk menyeberang naik kapal motor ke Pulau Merak Kecil mulai Rp 15.000 per orang pergi pulang (PP)

Baca juga:

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com