Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2023, 10:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika belum ada rencana hendak kemana akhir pekan ini, sepertinya bertualang ke kawasan Merak layak untuk dicoba.

Mengingat kawasan Merak berada di pinggir laut, maka tidak heran destinasi wisata di sana tidak jauh dari wisata pantai dan aktivitas bawah laut. Salah satunya yaitu wisata Pulau Merak Kecil.

Kawasan Merak bisa dijangkau menggunakna transportasi umum, dalam hal ini yaitu naik Kereta Api (KA) Lokal menuju stasiun paling barat di ujung Pulau Jawa, yaitu Stasiun Merak.

Panduan lengkap liburan ke Pulau Merak Kecil

Apabila tertarik mampir, simak panduan lengkap liburan le Pulau Merak Kecil yang Kompas.com rangkum berikut ini:

Lokasi Pulau Merak Kecil 

Pulau Merak Kecil berada di kawasan penyeberangan kapal Merak-Bakeuheni.  Jika hendak berkunjung ke Pulau Merak Kecil, wisatawan perlu menyeberang menggunakan kapal motor dari arah pesisir pantai.

Jika berangkat dari Stasiun Merak, wisatawan bisa naik angkutan kota (angkot) berwarna merah untuk tujuan Pulau Merak Kecil. Nantinya angkot akan berhenti di lokasi penyeberangan.

Baca juga: Main ke Pulau Merak Kecil, Wisata Murah Meriah Dekat dari Jakarta

Sementara jika naik kendaraan pribadi ataupun ojek online, wisatawan bisa mengambil patokan lokasi di Prabu Service Moring Boat, tempatnya dekat dengan Polsek Pulomerak.

Jam buka Pulau Merak Kecil 

Wisata Pulau Merak Kecil dibuka untuk kunjungan wisatawan setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB. 

Pengunjung di Pulau Merak Kecil Selasa (14/11/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pengunjung di Pulau Merak Kecil Selasa (14/11/2023).

"Biasanya kami sudah buka dari pukul 07.00 WIB, kecuali kalau yang berkemah di sini, bisa 24 jam," kata penyedia jasa wisata di Pulau Merak Kecil, Rangga, kepada Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

Harga tiket masuk Pulau Merak Kecil 

Setiap wisatawan yang hendak masuk ke Pulau Merak Kecil perlu membayar uang retribusi untuk kebersihan pulau sebesar Rp 2.000 per orang. 

Baca juga: Pulau Merak Kecil: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Perlu diingat, pembayaran di sini masih melayani sistem tunai, maka dari itu siapkan uang tunai sebelum menyeberang ke pulau. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com