Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Nataru, 7 Maskapai Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam Ajukan Penerbangan Ekstra

Kompas.com - 21/12/2023, 07:31 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelola Bandara Internasional Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau menyampaikan, saat ini sudah ada 7 maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan ekstra.

“Untuk antisivasi peningkatan penumpang menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, saat ini sudah tujuh maskapai di Hang Nadim yang telah mengajukan penambahan penerbangan ekstra,” kata Dirut PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah di Bandara Hang Nadim, Rabu (20/12/2023).

Namun dari tujuh maskapai, yang sudah aktif baru tiga.

Baca juga: 5 Hotel Dekat Dataran Engku Putri Batam, Lokasi Pesta Kembang Api

Maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra yakni, Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Citilink, Sriwijaya Air, dan Wing Air.

“Yang sudah jalan Batik Air, Lion Air, dan Super Air Jet, untuk yang empat lagi kemungkinan mendekati arus mudik perayaan Natal dan Tahun Baru 2024,” terang Pikri.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Untuk jumlah penumpang, Pikri mengatakan, saat ini sudah mencapai 10.500 orang perhari yang berangkat, maupun datang melalui Hang Nadim.

“Prediksi akan terjadi peningkatan trafik maupun peningkatan jumlah penumpang yang datang maupun berangkat, kurang lebih naik 5 persen dari tahun lalu,” jelas Pikri.

Posko Nataru

Tidak saja penambahan penerbangan ekstra, saat ini Bandara Hang Nadim juga telah mendirikan posko Nataru yang berfungsi untuk memberikan pelayanan informasi, kesehatan, dan keamanan.

Di Posko tersebut, sambung Pikri, nantinya akan ada 80 personel yang disiagakan, yang terdiri dari 40 personel yang disiagakan dari internal bandara.

Bandara International Hang Nadim BatamKOMPAS.com/Hadi Maulana Bandara International Hang Nadim Batam

“Kemudian untuk eksternal, lebih kurang ada 40 personel yang terdiri dari TNI/Polri, SAR, PLN, Imigrasi, Bea Cukai dan Karantina setempat,”

“80 personel itu nantinya akan berjaga di sekitaran bandara dan ada juga yang ditempatkan di posko mudik Nataru,” sebut Pikri.

Baca juga: 5 Resor di Nongsa di Batam untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Pikri mengungkapkan, pendirian posko dilakukan guna memastikan kesiapan petugas, fasilitas, serta pelayanan kepada masyarakat terkawal dengan baik pada momen Nataru kali ini. 

“Posko ini dibuka 24 jam, sementara pelayanan dimulai dari awal dan batas akhir keberangkatan atau kedatangan saja,” pungkas Pikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com