Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Berkunjung ke Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Bawa Payung

Kompas.com - 07/01/2024, 12:01 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, punya satu kompleks wisata edukasi religi yang baru dibuka untuk umum pada 1 Januari 2024.

Tempat ini menyuguhkan replika Tanah Suci di Arab Saudi yang biasanya dikunjungi para jemaah Umrah dan Haji.

Wisatawan akan bisa menemukan replika Kabah, lengkap dengan Hajar Aswad dan Maqam Nabi Ibrahim, Bukit Sofa dan Marwah, Jamarat (tempat lempar jumrah), hingga Padang Arafah.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Umbul Tirtomulyo di Boyolali, Datang Pagi

Jika ingin berkunjung, harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 per orang untuk dewasa (umum) dan Rp 10.000 per orang untuk pelajar.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali ini buka Selasa sampai Minggu (Senin tutup), pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Tips berkunjung ke Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali

Jika ingin berkunjung ke Kompleks Wisata Edukasi Religi di Boyolali, simak dulu tips yang Kompas.com rangkum berikut ini:

1. Datang pagi saat baru buka

Pagi hari pukul 08.00 WIB saat baru buka, merupakan waktu paling tepat untuk berkunjung karena masih belum terlalu panas.

Selain belum terlalu panas, penunjung juga biasanya belum terlalu ramai, sehingga Anda bisa menjelajah dan berfoto dengan lebih leluasa.

2. Bawa topi atau payung

Meski berangkat pagi, matahari akan makin meninggi seiring penjelajahan di tempat ini, sehingga otomatis jadi makin panas.

Replika Kabah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Replika Kabah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).

Agar tidak kepanasan dan tetap nyaman ketika menjelajah kawasan wisata yang luas ini, jangan lupa untuk membawa topi atau payung.

3. Pelajari tempat-tempat Haji dan Umrah

Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali menyuguhkan replika Tanah Suci, seperti Kabah, Bukit Sofa dan Marwah, Padang Arafah, dan Jabal Rahmah.

Replika Jabal Rahmah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Replika Jabal Rahmah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).

Agar kunjungan makin berkesan, wisatawan hendaknya belajar terlebih dahulu seputar sejarah tempat-tempat itu.

Baca juga: Sejarah Padang Arafah, Tempat Wukuf Jemaah Haji 

Salah satunya adalah Jabal Rahmah yang merupakan tempat pertemuan Nabi Adam dan Hawa usai diturunkan ke bumi.

4. Pakai baju yang sesuai

Berkunjung ke tempat wisata religi, terutama yang merupakan replika Tanah Suci, sebaiknya memakai setelan pakaian yang pas.

Pengunjun yang latihan Umrah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pengunjun yang latihan Umrah di Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, Senin (1/1/2024).

Seperti memakai pakaian tertutup bagi perempuan yang menutup aurat. Pengunjung laki-laki juga diimbau memakai pakaian yang sopan.

5. Bawa minuman

Menjelajah Kompleks Wisata Edukasi Religi Boyolali, bisa jadi cukup melelahkan karena tempatnya yang cukup luas.

Baca juga: Masjid Agung Madaniyah di Karanganyar yang Megah seperti Masjid Nabawi

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa minum untuk mengatasi haus usai berjalan cukup jauh dari satu tempat ke tempat lain.

6. Makan dulu sebelum masuk

Karena penjelajahan di sini akan cukup lama, maka pengunjung harus mempersiapkan fisik, salah satunya adalah makan dulu.

Kompleks Wisata Edukasi Religi di Boyolali, Rabu (25/10/2023).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kompleks Wisata Edukasi Religi di Boyolali, Rabu (25/10/2023).

Sebagai info, salah satu aturan yang harus dipatuhi pengunjung adalah larangan untuk membawa makanan dan hanya boleh membawa minuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com