Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kapal Pesiar dari Luar Negeri Angkut 11.912 Pengunjung ke TN Komodo, Januari-Maret 2024

Kompas.com - 26/03/2024, 16:04 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Kantor Imigrasi Labuan Bajo melayani kedatangan 15 kapal pesiar yang bersandar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Taman Nasional (TN) Komodo, selama periode bulan Januari hingga Maret 2024.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Oktavianus Malisan menjelaskan, 15 kapal pesaiar tersebut tercatat membawa 11.912 turis asing dan 6.865 awak kapal.

“15 kapal pesiar ini kebanyakan datang dari negara Australia diukuti dengan Timor-timur, Papua Niugini, dan Malaysia,” jelas Pktavianus dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Keindahan Alam dan Produk UMKM Labuan Bajo Dipromosikan di Hong Kong Flower Show Festival

Ia melanjutkan, kapal-kapal pesiar tersebut datang lalu bersandar di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Kedatangan kapal-kapal pesiar tersebut, lanjut dia, merupakan hal sangat positif bagi iklim pariwisata di Indonesia khususnya bagi masyarakat Labuan Bajo.

Pemeriksaan di atas kapal

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Labuan Bajo, Jaya Mahendra menambahkan, Kantor Imigrasi Labuan Bajo memiliki TPI Laut.

Baca juga: Famtrip, Cara Promosikan Labuan Bajo ke Dunia Internasional

Fungsinya adalah, melaksanakan proses pemeriksaan keimigrasian atau immigration clearance terhadap seluruh penumpang dan awak kapal pesiar yang datang di Labuan Bajo.

Kapal Pesiar dari Luar Negeri saat sandar di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTTdokumen kantor Imirgrasi Labuan Bajo Kapal Pesiar dari Luar Negeri saat sandar di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT

“Untuk semakin memudahkan penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Labuan Bajo, Kantor Imigrasi Labuan Bajo juga melakukan pemeriksaan langsung diatas kapal," sambung Mahendra.

Ia melanjutkan, program itu bernama Immigration on Shipping yang mempersingkat waktu dan memangkas antrean kedatangan pelabuhan.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Pelni Labuan Bajo Sediakan 300 Tiket Gratis bagi Pemudik

Ia mengatakan, kedatangan kapal pesiar di Labuan Bajo tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga lokal pulau Komodo dan Rinca, sebab berdampak langsung terhadap ekonomi warga sekitar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com