Negara-negara di ASEAN Bisa Jadi Contoh Indonesia Sebelum Buka Pariwisata

Kompas.com - 01/06/2020, 16:50 WIB
Wisatawan domestik di Vietnam kembali meramaikan beberapa destinasi wisata. Salah satunya Hoi An. SCMP / PATRICK SCOTTWisatawan domestik di Vietnam kembali meramaikan beberapa destinasi wisata. Salah satunya Hoi An.


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk melihat perkembangan negara lain yang sudah membuka pariwisata dalam kondisi New Normal.

Hal ini guna mendukung kesiapan pariwisata Indonesia, jika sewaktu-waktu akan kembali dibuka.

Jokowi menegaskan pariwisata harus produktif, namun tetap aman dari Covid-19.

"Karena isu utamanya adalah keselamatan dan kesehatan, maka protokol tatanan normal baru di sektor pariwisata betul-betul harus menjawab isu utama tadi, mulai dari protokol kesehatan yang ketat di sisi transportasinya, di sisi hotelnya, di sisi restorannya, dan juga area-area wisata yang kita miliki," ujarnya dalam rapat terbatas melalui video conference, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Kebijakan Negara-negara di ASEAN soal Keamanan Perjalanan Udara

Lantas bagaimana kondisi pariwisata di luar negeri yang sudah memasuki fase New Normal?

Kompas.com menghubungi Deputy of President ASEAN Tourism Association ( ASEANTA) Eddy Krismeidi Soemawilaga, Jumat (29/5/2020) untuk menanyakan kondisi terkini pariwisata ASEAN.

Wisatawan Domestik Lebih Berkembang

Menurut Eddy, sesuai prediksinya, yang akan berkembang terlebih dahulu di masa new normal adalah wisatawan domestik.

Ia mencontohkan negara Vietnam di mana jumlah penerbangan domestik pada Minggu 25 Mei 2020, sudah melampaui jumlah penerbangan domestik di minggu yang sama tahun 2019, menurut data CAPA.

"Hal ini menunjukkan bahwa memang orang sudah jenuh dengan segala macam pembatasan, sehingga dengan adanya kelonggaran yang diberikan, mereka langsung memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan domestik," kata Eddy, Jumat.

Wisatawan domestik di Vietnam berkunjung ke Ancient Town, Hoi An.SCMP / PATRICK SCOTT Wisatawan domestik di Vietnam berkunjung ke Ancient Town, Hoi An.

Eddy juga melaporkan kondisi kasus Covid-19 di lima negara ASEAN dengan jumlah kasus aktif Covid-19 sudah mengecil atau terkendali hingga hari ini.

Lima negara itu di antaranya Thailand 63 kasus, Kamboja 2 kasus, Vietnam 49 kasus, Laos 3 kasus, dan Brunei Darussalam 1 kasus.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa negara-negara tersebut hingga kini belum membuka pintu perbatasannya untuk membolehkan wisatawan asing masuk.

"Sebagai contoh, Thailand masih memperpanjang penutupan penerbangan internasional ke Thailand hingga akhir Juni 2020. Negara-negara ini hanya mulai melonggarkan pembatasan-pembatasan yang dilakukan terhadap penduduknya," jelasnya.

Baca juga: Belajar dari Korea Selatan, Waspada Virus Corona Saat Perjalanan Domestik Dibuka Kembali

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X