5 Daerah Tujuan Wisata Favorit Wisatawan Saat Pandemi, Bali Teratas

Kompas.com - 04/08/2020, 16:10 WIB
Ilustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali. SHUTTERSTOCK/GUITAR PHOTOGRAPHERIlustrasi wisatawan sedang liburan di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali.

KOMPAS.com - Survei GoLocal Domestic Travel untuk platform perjalanan digital Agoda mengeluarkan rilis mengenai informasi perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pasca pandemi Covid-19.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, terdapat lima daerah tujuan wisata (DTW) yang menjadi primadona wisnus yaitu Bali, Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya.

Bali menempati posisi pertama disusul Jakarta, dan Yogyakarta. Survei ini juga menunjukkan bahwa delapan dari sepuluh wisatawan Indonesia sudah bersiap dan berencana pergi berlibur.

Baca juga: DIY Punya Jogja Pass dan Visiting Jogja untuk Wisatawan, Apa Itu?

"Sebanyak 76 persen responden siap menjelajah kepulauan Indonesia dalam 12 bulan ke depan dan sangat bersemangat mengunjungi destinasi lokal," tulis survei GoLocal Domestic Travel.

Survei tersebut juga menunjukkan adanya pergeseran tren dari berwisata ke luar negeri menjadi wisata dalam negeri atau domestik. Hal tersebut dikarenakan beberapa negara yang masih menutup perbatasannya.

Menurut survei, terdapat 65 persen wisatawan ingin mengunjungi destinasi lokal dalam satu tahun ke depan. Adapun wisatawan Vietnam dengan 87 persen tercatat yang paling inign bepergian.

Posisi kedua diisi oleh wisatawan Indonesia sebanyak 76 persen dan Amerika Serikat sebanyak 74 persen.

Baca juga: Syarat Terbaru Wisatawan Berkunjung ke Bali, Rapid Test Hasilnya Non-reaktif

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X