Kasus Covid-19 Muncul di Kapal Pesiar Pertama yang Lanjutkan Pelayaran

Kompas.com - 14/11/2020, 14:20 WIB
Ilustrasi kapal pesiar - Kapal pesiar SeaDream Yacht Club. https://seadream.com/Ilustrasi kapal pesiar - Kapal pesiar SeaDream Yacht Club.

KOMPAS.com – Sebanyak tujuh penumpang kapal pesiar SeaDream 1 yang berlabuh di Barbados dinyatakan positif Covid-19.

Kapal pesiar SeaDream Yacht Club merupakan yang pertama untuk berlayar kembali ke Karibia setelah pandemi Covid-19 menghentikan operasionalnya pada Maret 2020.

Melansir CNN, Jumat (13/11/2020), dua penumpang yang melaporkan hal tersebut yakni Gene Sloan dan Ben Hewitt mengatakan, penumpang yang negatif Covid-19 dapat meninggalkan kapal pesiar dan kembali ke rumah.

Baca juga: Thailand Sambut Kembali Kapal Pesiar Asing Lewat STV

Pelayaran tersebut bertujuan untuk mendemonstrasikan bahwa peningkatan protokol keamanan, termasuk pemeriksaan berkala di atas kapal, memungkinkan pelayaran bisa dilakukan selama pandemi.

Kendati demikian, seorang penumpang jatuh sakit pada Rabu (11/11/2020). Hal ini membuat SeaDream 1 kembali ke Barbados di mana 53 penumpang dan 66 kru diperiksa.

Hewitt menuturkan, para kru memberitahu seluruh penumpang bahwa mereka yang dites negatif dua kali diizinkan untuk meninggalkan kapal dan terbang ke rumah pada Sabtu (14/11/2020).

Melalui keterangan pers pada Kamis (12/11/2020) siang, SeaDream Yacht Club mengatakan, para penumpang telah menerima hasil “asumsi positif” untuk tes Covid-19 awal.

Baca juga: Terdampak Pandemi, Kapal Pesiar Dipreteli lalu Dijual

Namun, mereka tidak menyebutkan jumlah penumpang yang telah melakukan tes tersebut.

“Kami bekerja dengan badan pemerintahan dan kesehatan lokal untuk menangani situasi ini dengan cara terbaik,” kata Executive Vice President SeaDream Andreas Brynestad, mengutip CNN.

Kapal pesiar SeaDream Yacht Club.https://seadream.com/ Kapal pesiar SeaDream Yacht Club.

Pengumuman lewat pengeras suara

Sloan, wartawan senior di The Points Guy, melaporkan, ketakutan akan Covid-19 berawal dari informasi yang digaungkan kapten kapal pesiar melalui pengeras suara.

Adapun, pengumuman tersebut berisi tentang tes positif awal yang diberitahu oleh kapten tersebut sesaat sebelum makan siang pada Rabu.

Selanjutnya, para penumpang diarahkan untuk kembali ke kabin masing-masing dan tetap berada di sana untuk isolasi.

Baca juga: Kapal Pesiar World Dream Mulai Pelayaran Tanpa Tujuan pada November 2020

Saat tes positif awal, SeaDream tengah berada di Kepulauan Grenadines dan berlabuh di Barbados pada Rabu siang.

“Ini bukan perkembangan yang bagus bagi industri kapal pesiar. Saya rasa harapannya adalah pengujian yang dilakukan SeaDream akan menjauhkan Covid-19 dari kapalnya,” ujar Sloan, Rabu, mengutip CNN.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X