Kompas.com - 07/02/2021, 21:01 WIB
Nelayan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta saat akan merapat ke pantai, Kamis (13/12/2018). KOMPAS.com/MARKUS YUWONONelayan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta saat akan merapat ke pantai, Kamis (13/12/2018).

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yakni Jateng di rumah saja tak memengaruhi kunjungan wisata ke Kabupaten Gunungkidul.

Namun, hanya satu kawasan yang meningkat pengunjungnya, yaitu Kawasan Pantai Gesing. Di sana ada tempar wisata yang baru dibuka dan viral. 

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, dari data yang ada kebijakan Jateng di Rumah saja tidak ada penurunan kunjungan wisata saat masa uji coba masa pandemi saat ini.

Baca juga: Pantai Gesing, Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima

 

Dari data Dinpar Sabtu 30 Januari 2021, kunjungan mencapai 3.262 wisatawan. Sementara Sabtu (6/2/2021) jumlah kunjungan wisatawan mencapai 3.618 pengunjung.

Namun demikian, kunjungan wisatawan hanya terjadi di pos retribusi gesing. Meningkat 10 kali lipat dibanding seminggu sebelumnya.

Seperti pos retribusi pantai Baron Sabtu 30 Januari 2021 mendapatkan 570 pengunjung dan pada Sabtu (6/2/2021) hanya mendapatkan 320 orang. Hal itu sama seperti retribusi yang lain.

Baca juga: Tiket Pantai di Gunungkidul Kini Bisa Beli via Online

 

"Peningkatan hanya di pos retribusi pantai Gesing 10 kali lipat dari Sabtu sebelumnya 125 orang, menjadi 1.300 orang," kata Harry saat dihubungi kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Ada HeHa Ocean View

Meningkatnya kunjungan wisatawan di sekitar pantai Gesing disebabkan adanya HeHa Ocean View yang baru saja dibuka dan sedang viral.

Selama Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM), kawasan wisata dibuka pukul 03.00 WIB-20.00 WIB. Pengunjung wajib menaati protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan tidak berkerumun.

HeHa Ocean ViewDok. HeHa Ocean View HeHa Ocean View

Sebelumnya, kebijakan Jateng di Rumah Saja dikhawatirkan akan mempengaruhi kunjungan wisata ke Gunungkidul.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Dinpar pada Oktober 2019 sampai Maret 2020, pengunjung sebagian besar berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Rute Menuju HeHa Ocean View dan Harga Tiketnya

 

Adapun, lima wilayah terbanyak tertinggi Jawa Tengah 25,5 persen, Jawa Timur 20,14 persen, DIY 16,25 persen, Jawa Barat 11,10 persen dan DKI Jakarta 8,81 persen. Jawa Tengah mendominasi kunjungan ke destinasi wisata Gunungkidul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.