Kompas.com - 12/03/2021, 09:09 WIB
Tempat wisata bernama Curug Surodipo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA). KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYATempat wisata bernama Curug Surodipo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA).

 

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia setahun lamanya. Industri pariwisata merupakan salah satu yang babak belur akibat berkurangnya pergerakan wisatawan.

Salah satu tempat wisata yang terkena efeknya adalah Curug Surodipo di Kabupaten Temanggung yang sebelumnya sering menerima kunjungan dari wisatawan mancanegara (wisman).

“Semenjak Maret 2020, kita sama sekali tidak ada kedatangan wisman. Padahal sebelumnya hampir setiap bulan ada wisman,” kata Ketua Pokdarwis Desa Tawangsari dan salah satu anggota pengelola Obyek Wisata Curug Surodipo, Danang SN, kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Semua Tempat Wisata KPH Banyumas Timur Buka Lagi, Ada Curug Jenggala

Dari para wisman yang berkunjung, beberapa di antaranya datang dari Italia dan Jerman. Namun semua wisman yang datang membawa pemandu sendiri.

Sebab, pihak Danang belum menyediakan pemandu untuk wisman karena adanya keterbatasan dan halangan dalam perbedaan bahasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau wisatawan lokal, setiap Sabtu-Minggu jumlahnya 100 orang lebih. Senin-Jumat paling sekitar 50-an. Kebanyakan dari luar kota kayak Yogyakarta, Semarang, luar Jawa juga sering,” tutur dia.

Curug Surodipo era new normal

Saat Covid-19 merebak di Indonesia, Curug Surodipo sempat ditutup untuk sementara waktu sekitar April-Juli sebelum dibuka kembali pada era new normal.

Sejak saat itu, tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar hingga kini. Namun, wisatawan tetap dianjurkan menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Baca juga: Sikembang Park di Batang, Wisata Selfie di Tengah Keasrian Hutan Pinus

Meski sudah dibuka kembali untuk kegiatan wisata, namun ada perbedaan yang drastis dalam kunjungan wisatawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X