Kompas.com - 16/04/2021, 12:31 WIB
Ilustrasi Uni Emirat Arab - Burj Khalifa di Dubai (dok. Pixabay/Hans-Jürgen Schmidt). PIXABAY/Hans-Jürgen SchmidtIlustrasi Uni Emirat Arab - Burj Khalifa di Dubai (dok. Pixabay/Hans-Jürgen Schmidt).

KOMPAS.com – Hotel-hotel di Uni Emirat Arab (UEA) jadi yang tersibuk kedua di dunia setelah China karena suksesnya upaya dari pemerintah setempat menahan penyebaran Covid-19.

Melansir The National News, Sabtu (10/4/2021), Kementerian Ekonomi UEA mengatakan bahwa hal tersebut mendorong pariwisata domestik yang mempercepat pemulihan sektor perhotelan.

Negara tersebut menampung 14,8 juta tamu yang rata-rata menghabiskan 3,7 malam di 1.089 penginapan pada 2020.

Menurut World Tourism Organization (WTO) dan Emirates Tourism Council (ETC), jumlah itu berarti tingkat okupansi hotel di UEA mencapai 54,7 persen.

Baca juga: Liburan ke Uni Emirat Arab, Turis Bisa Sarapan di Dubai Frame

“UEA dapat dengan cepat menahan dampak wabah pada sektor pariwisata lokal,” kata Chairman ETC dan Menteri Negara untuk Kewirausahaan dan UKM Belhoul Al Falasi, mengutip The National News.

Dia melanjutkan, keberhasilan UEA merupakan hasil dari mengandalkan inovasi dan ketangkasan dalam upayanya untuk memberi insentif.

“(Kemudian) meluncurkan inisiatif dan menciptakan peluang untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan meningkatkan kontribusinya terhadap produk domestik bruto,” sambung Al Falasi.

Berdasarkan data dari WTO dan ETC, hub pariwisata regional UEA melampaui tingkat hunian rata-rata global, yakni 37 persen dan Timur Tengah yakni 43 persen.

Bagaimana tingkat okupansi hotel di negara lain?

Selama pandemi, industri pariwisata global termasuk yang paling terdampak. Sebab, perbatasan negara yang ditutup mengakibatkan penerbangan pesawat dilarang dan mengganggu permintaan perjalanan.

Meski begitu, selain UEA, terdapat beberapa negara di dunia juga memiliki tingkat okupansi hotel yang cukup tinggi pada 2020, salah satunya China.

Ilustrasi Tembok Besar China.pixabay.com/jplenio Ilustrasi Tembok Besar China.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X