Kompas.com - 22/04/2021, 14:31 WIB
Bendera Prancis dengan latar belakang Menara Eiffel di Paris. SHUTTERSTOCK/ CREATIVE LABBendera Prancis dengan latar belakang Menara Eiffel di Paris.

KOMPAS.com - Presiden Perancis Emanuel Macron mengumumkan, negaranya sedang dalam tahap akhir penyelesaian rencana pencabutan pembatasan perjalanan.

Melansir Schengenvisainfo, Senin (19/4/2021), pencabutan pembatasan perjalanan rencananya diterapkan bagi wisatawan yang telah divaksinasi dan mereka yang dites negatif Covid-19.

Adapun langkah ini akan berlaku bagi warga Uni Eropa (UE) dan negara lainnya, termasuk pelancong dari Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Perancis Cabut Pembatasan Perjalanan dengan Negara Non-Uni Eropa Mei 2021

Macron mengatakan, para menteri di Perancis sedang menyelesaikan diskusi teknis terkait perjalanan aman bebas pembatasan, serta mengembangkan sertifikat vaksin dan tes untuk memfasilitasi perjalanan antarnegara-negara UE.

"Secara bertahap, kami akan mencabut pembatasan pada awal Mei 2021," ujar Macron, mengutip Schengenvisainfo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pada musim panas nanti pihaknya akan melakukan pengaturan dengan para ahli di Perancis untuk warga negara Eropa Perancis dan AS

"Jadi, kami bekerja dengan keras untuk mengusulkan sebuah solusi yang konkret. Khususnya bagi warga AS yang divaksinasi dengan izin spesial," ujar Macron.

Pengunjung menyaksikan pemandangan Eiffel dari Champs de Mars di Paris SHUTTERSTOCK/KIRILL NEIEZHMAKOV Pengunjung menyaksikan pemandangan Eiffel dari Champs de Mars di Paris

Dengan apa yang disebut sebagai paspor vaksin, Macron menuturkan bahwa Perancis dapat mengontrol virus dan memaksimalkan tingkat vaksinasi. Hal ini memungkinkan pencabutan langkah-langkah secara bertahap.

Di sisi lain, dirinya menjelaskan bahwa negaranya akan menerapkan pembatasan lebih ketat kepada pelancong dari negara apa pun yang mana varian baru Covid-19 merebak luas.

Perancis berencana untuk menerapkan aturan yang lebih ketat pada Brasil, Afrika Selatan, Chile, dan Argentina.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.