Kompas.com - 23/04/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi Thailand - Wat Plai Temple di Koh Samui, Thailand (SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic). SHUTTERSTOCK/Aleksandar TodorovicIlustrasi Thailand - Wat Plai Temple di Koh Samui, Thailand (SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic).

KOMPAS.comThailand meluncurkan Entry Thailand, sebuah pusat informasi online untuk wisatawan mancanegara yang sudah divaksinasi Covid-19, pada Rabu (21/4/2021).

Mengutip Tourism Authority of Thailand (TAT), pusat informasi yang berada di bawah lembaga pemerintah itu bertujuan membantu wisatawan asing dalam mempersiapkan kunjungan mereka ke Thailand.

Entry Thailand terdiri dari enam langkah, yakni Registrasi Certificate of Entry (CoE), Penerbangan, Karantina, Asuransi, Status CoE, dan Tiba di Thailand.

Pada Registrasi CoE, wisatawan akan ditanya apa mereka sudah memiliki CoE. Jika memilih “belum”, maka mereka akan diarahkan ke situs CoE Thailand. Proses pra-persetujuan CoE memakan waktu tiga hari.

Baca juga: Istana Raja Thailand Ditutup Sementara Akibat Kasus Covid-19

Selanjutnya pada bagian Penerbangan, akan ada pertanyaan apakah mereka sudah memesan tiket pesawat atau belum. Bagian ini berlaku untuk penerbangan komersial maupun repatriasi. Tiket harus dibeli dalam kurun waktu 15 hari setelah mendapat pra-persetujuan CoE.

Pada bagian Karantina, jika belum memesan tempat karantina, maka wisatawan akan diarahkan ke laman Alternative Quarantine in Thailand. Mereka harus mengisi lokasi karantina, asal negara, jadwal check-in serta check-out, dan informasi lainnya.

Mereka sebaiknya memesan hotel tempat mereka akan dikarantina dalam jangka waktu 15 hari setelah menerima pra-persetujuan CoE. Informasi yang mereka masukan akan otomatis tercatat di sistem CoE.

Di bagian Asuransi, wisatawan disarankan membeli asuransi jiwa terkait Covid-19 dalam jangka waktu 15 hari setelah menerima pra-persetujuan CoE.

Ilustrasi Thailand - Grand Palace di Bangkok.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Thailand - Grand Palace di Bangkok.

Pada Status CoE, wisatawan dapat memeriksa status CoE mereka sambil menyiapkan dokumen-dokumen lain sebelum kunjungan.

Di langkah terakhir yaitu Tiba di Thailand, wisatawan disarankan mengunduh dan mendaftar di aplikasi ThailandPlus, melengkapi Deklarasi Kesehatan Thailand (Thailand Health Declaration), dan menyiapkan dokumen lain.

Baca juga: Ini 5 hal Aturan 7 Hari Karantina di Thailand, Wisatawan Wajib Tahu

Wwisatawan yang telah divaksinasi sesuai vaksin yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau yang teregistrasi di Kementerian Kesehatan Thailand tak lebih dari 14 hari sebelum tanggal keberangkatan dapat berkunjung ke Thailand, mereka mendapat masa karantina tujuh hari.

Sementara itu bagi wisatawan yang belum divaksinasi, mereka harus dikarantina selama 10 hari.

Thailand juga memberlakukan masa karantina 14 hari bagi turis yang berasal dari 11 negara tertentu, yakni Afrika Selatan, Zimbabwe, Mozambik, Botswana, Zambia, Kenya, Rwanda, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Republik Ghana, dan Republik Bersatu Tanzania.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X