Kompas.com - 23/04/2021, 07:15 WIB
Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja. ShutterstockTugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.

KOMPAS.com - Mudik merupakan momen di mana penduduk Indonesia umumnya kembali ke kampung masing-masing untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Akan tetapi, pemerintah memberlakukan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Tidak hanya itu, mengutip Kompas.com, pemerintah juga menerapkan pengetatan peraturan bagi masyarakat yang pulang kampung pada H-14 dan H+7 masa larangan mudik.

Baca juga: Indonesia Peringkat 2 Destinasi Favorit Turis Muslim Dunia

Sebelum adanya larangan tersebut, situs perjalanan online Pegipegi telah melakukan survei untuk mengetahui preferensi pulang kampung masyarakat Indonesia pada Lebaran tahun ini.

Survei yang melibatkan 700 responden di seluruh wilayah Indonesia itu dilakukan pada 25 Maret-1 April 2021. Hasilnya, terdapat 10 kota di Indonesia yang menjadi destinasi favorit wisatawan di periode Lebaran 2021.

Baca juga: Itinerary Wisata Seharian di Nglanggeran Yogyakarta, Bisa Bajak Sawah

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 72 persen orang berencana pulang kampung di tahun 2021 ini. Sementara, 28 persen sisanya memutuskan untuk tidak melakukan perjalanan pulang kampung.

Hal itu menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia ingin mudik pada periode Lebaran tahun ini, karena sebagian besar dari mereka tidak mudik pada Lebaran tahun 2020 lalu.

Baca juga: Kawasan Heritage Kesawan di Medan akan Jadi The Kitchen of Asia

Berikut 10 kota yang menjadi tujuan favorit wisatawan Indonesia jika mudik Lebaran diperbolehkan:

1. Yogyakarta 

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan nusantara.

Baca juga: 4 Kafe di Yogyakarta Ini Suasananya seperti di Bali

Keunggulan dari kota yang satu ini adalah warisan budayanya yang masih sangat kental dan tempat-tempat wisata alam yang menarik, di antaranya Kalibiru, Puncak Suroloyo, dan Gunung Merapi.

Selain itu, obyek-obyek wisata yang telah populer seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari juga dianggap menjadi magnet wisatawan.

Baca juga: 6 Museum di Surabaya Buka Lagi, Tiket Masuk Pesan Online

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X