Kompas.com - 28/04/2021, 08:19 WIB
Candi Ratu Boko Shutterstock.comCandi Ratu Boko

KOMPAS.com - Dana hibah untuk pariwisata tahun 2021 yang diperluas masih dalam proses pengajuan ke program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021. 

Kendati demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pengajuan tersebut bisa terwujud karena sektor kementerian dan lembaga pariwisata akan dijadikan prioritas. 

Baca juga: Dana Hibah Pariwisata 2021 akan Diperluas untuk Biro Perjalanan Wisata

"Perluasan dana hibah untuk pariwisata, termasuk untuk biro perjalanan, saat ini statusnya masih berproses dalam pengajuan di program PEN 2021," tutur Sandiaga saat weekly briefing hari Selasa (27/4/2021) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

"Tapi kami dapat indikasi positif karena sebagian program PEN sektoral kementerian dan lembaga untuk pariwisata akan diprioritaskan," tambahnya.

Sistem penyaluran dana hibah tersebut rencananya akan menggunakan mekanisme transfer ke daerah.

Mengutip dari Kompas.com pada 12 April 2021, dana hibah pariwisata 2021 akan diperluas, sehingga tidak hanya untuk hotel dan restoran tapi juga diusulkan untuk biro perjalanan wisata dan taman rekreasi. 

"Basis datanya adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan tahun 2019, dan pajak penghasilan (PPh)/pajak pertambahan nilai (PPN) 2019 untuk usaha biro perjalanan wisata," jelas Sandiaga. 

Baca juga: 5 Kriteria Penerima Dana Hibah Pariwisata Senilai Rp 3,3 Triliun

Adapun dana yang diajukan tahun ini sebesar Rp 3,7 triliun. Angka tersebut lebih besar dibanding angka di tahun 2020 yaitu Rp 3,3 triliun. 

"Nantinya teman-teman di daerah akan menentukan biro perjalanan terdaftar yang akan mendapatkan dana hibah sesuai dengan pajak penghasilan yang tercatat dan ini dilakukan dengan tata kelola yang baik," kata Sandiaga.

Pihaknya juga mendorong biro perjalanan wisata untuk siap dan aktif berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui asosiasi-asosiasi seiring berjalannya proses pengajuan. 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X