Kompas.com - 23/07/2021, 20:45 WIB

 

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Gunung Prau di Jawa Tengah rencananya akan dibuka secara serentak pada 27 Juli 2021.

Sekretaris Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates, Achmad Afifudin, mengonfirmasi hal tersebut kepada Kompas.com, Jumat (23/7/2021).

“(Pembukaan kembali semua jalur pendakian) masih sementara atau baru rencana,” ujar dia.

Adapun, rencana dibuka kembalinya seluruh jalur pendakian Gunung Prau merupakan tindak lanjut dari PPKM Darurat yang saat ini tengah diperpanjang pada 21-25 Juli.

Baca juga: 6 Tips Mendaki Gunung Prau via Igirmranak, Siapkan Senter walau Siang

Untuk diketahui, Gunung Prau merupakan gunung yang masuk dalam wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung yang terletak pada ketinggian 2.590 meter dari permukaan laut (mdpl) ini memiliki lima jalur pendakian resmi yakni via Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Baca juga: Syarat Mendaki Gunung Prau yang Rencananya Buka 27 Juli 2021

Terkait pemilihan tanggal untuk rencana pembukaan jalur pendakian tersebut, Achmad mengatakan hal ini berkaitan dengan kemungkinan PPKM Darurat diperpanjang.

“Biar persiapan saja, antisipasi kalau memang PPKM harus diperpanjang lagi,” jelasnya.

Ditutup selama PPKM Darurat

Sunset di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sunset di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak.

Sebelumnya, seluruh jalur pendakian Gunung Prau ditutup secara serentak pada 5-20 Juli 2021 seiring dengan berlakunya PPKM Darurat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.