Kompas.com - 28/07/2021, 16:43 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berharap vaksinasi untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dapat selesai pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Para pelaku pariwisata juga ingin kawasan wisata segera dibuka kembali setelah vaksinasi.

"Kami berharap (vaksinasi) sampai Agustus kami tuntaskan untuk pelaku pariwisata dan ekraf (ekonomi kreatif)," kata Kepala Dispar DIY Singgih Rahardjo kepada wartawan di Kawasan hutan Pinus Mangunan, Bantul, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Pelaku Wisata Gunungkidul Jalani Vaksinasi di Geosite Ngingrong

Ia menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi hari ini digelar di dua lokasi, yakni Hutan Pinus Mangunan di Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, dan Geosite Ngingrong di Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Dengan percepatan yang dilakukan, Singgih optimis vaksinasi untuk semua pelaku pariwisata dan ekraf akan selesai sesuai target.

"Untuk itu data yang pasti memang kami belum dapatkan karena terus bergerak. Hari ini saja ada dua lokasi wisata yang kami jadikan lokasi vaksinasi di DIY, sengaja pilih tempat wisata untuk promosi pariwisata dan promosi vaksinasi," ucapnya.

Baca juga: Wisata Tutup Selama PPKM, Pemkab Gunungkidul Rencanakan Revisi Target Kunjungan

Singgih menambahkan, jika nanti seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sudah bervaksin, kemungkinan besar kawasan wisata akan segera dibuka. Apalagi sebagian besar warga DIY menggantungkan hidup dari sektor tersebut.

Selain itu, sebelum pelaksanaan pembukaan kembali tempat wisata, kasus terkonfirmasi positif diharapkan bisa diturunkan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat yang berlaku untuk warga DIY.

"Karena itu besar harapan kami untuk segera dibukanya kembali destinasi wisata dan ekraf. Dan untuk menjuju ke situ kita harus bersama-sama menurunkan tingkat positive rate di DIY," ujarnya.

Baca juga: Wisata Bantul Tutup sampai 2 Agustus 2021, Termasuk Pantai Parangtritis

Lembah Ngingrong, Yogyakarta.RICKY Lembah Ngingrong, Yogyakarta.

Disinggung mengenai bantuan kepada pelaku wisata, Singgih mengaku akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat atau dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan Program PEN dengan Anggaran Rp 2,4 Triliun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.