Kompas.com - 27/07/2021, 12:53 WIB
Pantai Wediombo, Gunungkidul. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Wediombo, Gunungkidul.

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - DInas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana menurunkan target kunjungan wisatawan tahun 2021. Hal ini lantaran penutupan kawasan wisata selama PPKM Darurat.

"Iya (revisi target kunjungan wisatawan) nanti kita sesuaian di APBD Perubahan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono saat kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Ia melanjutkan, revisi ini perlu rumusan bersama Skretaris Daerah dan dibahas dengan DPRD Gunungkidul dalam APBD Perubahan 2021 mendatang. Target tahun 2021 ini kunjungan wisatawan hampir 2,5 juta wisatawan baik domestik maupun asing.

Baca juga: Tempat Wisata di Gunungkidul Masih Tutup Sampai 2 Agustus 2021, Jangan Kecele

 

"Untuk jumlah (revisi) nanti akan dibahas saat rapat bersama," ujar Harry.

Untuk kunjungan selama uji coba pembukaan pariwisata, lanjut dia, selama sepekan Gunungkidul dikunjungi sekitar 40.000 wisatawan.

Namun sejak 3 Juli 2021 seluruh tempat wisata Gunungkidul tutup sementara sampai 2 Agustus 2021.

Itu karena Presiden Joko Widodo mengumumkan PPKM kembali diperpanjang. Ini merupakan perpanjangan waktu ketiga PPKM Darurat atau PPKM Level 3 dan 4 Jawa-Bali.

Baca juga: Gunungkidul Lakukan Vaksinasi di Kawasan Wisata Religi Pura Pantai Ngobaran

Pengumuman disampaikan dalam unggahan instagram Dinas Pariwisata, tertulis seluruh tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul tutup tanggal 26 Juli 2021 sampai 2 Agustus 2021.

“Mari bersama-sama kita dukung program pemerintah dalam upaya pengendalian penyebaran virus Covid-19. Destinasi wisata Gunungkidul masih tutup ya sobat wisata. Semoga kondisi segera membaik, pandemi segera berakhir,” tulis caption postingan itu.

PPKM Level 4 di Gunungkidul

Instruksi Bupati (Inbup) Gunungkidul tentang perpanjangan PPKM Level 4 telah terbit pada Senin (26/7/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.