Kompas.com - 09/08/2021, 19:17 WIB
Tugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja. ShutterstockTugu Yogyakarta, ikon Kota Jogja.

KOMPAS.com – Festival Museum Yogyakarta 2021, yang diadakan pada 7 Agustus-12 Oktober 2021 secara hybrid (online dan offline), berupaya menghapus kesan kuno yang selama ini melekat pada museum.

Festival Museum Yogyakarta 2021 terdiri dari serangkaian acara, antara lain seminar internasional (dua sesi), pertunjukkan, pameran, dan peluncuran buku.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Tegaskan Tempat Wisata Tutup dan Akan Ada Penyekatan

Beragam pembicara dengan latar belakang yang berbeda akan hadir dalam seminar internasional tersebut, di antaranya Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Alexandra Green dari British Museum di London, dan Paul Taylor dari Smithsonian Institute di Amerika Serikat (AS).

Calon peserta diharapkan melakukan registrasi terlebih dahulu di situs web https://www.jogjamuseumexpo.com/.

Mereka juga dapat melihat jadwal lengkap festival di tautan yang sama.

Baca juga: KA Bandara Internasional Jogja YIA Bakal Beroperasi Mulai 17 Agustus

Bregodo Jogo MalioboroDok. Situs Visiting Jogja Bregodo Jogo Malioboro

Ketua Panitia dan Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY, GKR Bendara, mengatakan bahwa museum bukan hanya tempat memajang objek, tapi juga tempat cerita dengan berbagai media yang terus mengikuti zaman.

Baca juga: Syarat Berwisata ke Yogyakarta, Wajib Sudah Vaksin

“Museum tidak boleh tertinggal, tidak boleh kalah dengan tempat wisata Instagramable. Kita bukan hanya bukti sejarah masa lalu, tetapi kita adalah pelestari identitas bangsa yang harus mampu menarik generasi muda untuk bangga dengan bangsanya,” kata GKR Bendara, Sabtu (7/8/2021).

Adapun, pernyataan tersebut ia sampaikan ketika memberi sambutan untuk webinar “Peran Museum di Industri Pariwisata”, Sabtu, seperti dikutip dari situs web jogjamuseumexpo.com.

Baca juga: Wacana Syarat Masuk Malioboro, Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Dilansir dari Tribunnews.com, Festival Museum Yogyakarta 2021 juga sekaligus merayakan ulang tahun Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DI Yogyakarta ke-50.

Adapun tanggal 12 Oktober atau tanggal penutupan festival bertepatan dengan Hari Museum Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.