Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2021, 18:20 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Batam dan Bintan di Kepulauan Riau ditargetkan menjadi destinasi wisata yang akan buka kembali untuk wisatawan mancanegara (wisman) setelah Bali.

"Untuk destinasi lain selain Bali tentunya next in line (urutan berikutnya) adalah Batam, Bintan, dan 18 destinasi (wisata) prioritas yang terus kami pantau," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Jelajahi 6 Surga Indonesia, Bali Salah Satunya

Ia menambahkan bahwa persiapan tengah difokuskan ke Kawasan Pariwisata Lagoi di Bintan dan Kawasan Pariwisata Nongsa Sensation di Batam. 

"End to end CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) di Batam Bintan terus kami persiapkan," katanya. 

Adapun menurut Kompas.com, Jumat (24/9/2021), Pulau Dewata tengah disiapkan untuk menerima kembali kunjungan wisatawan mancanegara pada Oktober 2021.

Baca juga:

Kendati demikian, pembukaan kembali tersebut tetap memerhatikan situasi dan perkembangan Covid-19 di Bali.

Terdapat tiga lokasi yang sudah disiapkan sebagai pilot project uji coba pembukaan kembali tersebut, yaitu Sanur, Ubud, dan Nusa Dua. 

"Namun tentunya kita ingin seluruh destinasi wisata di Bali masuk dalam kategori zona hijau," ujarnya.

Pintu masuk wisman long term visa

Ilustrasi Bintan LagoiShutterstock/heru sukma cahyanto Ilustrasi Bintan Lagoi

Batam dan Bintan dianggap sesuai untuk sejumlah upaya pengembangan pariwisata. 

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Kamis (18/3/2021), Batam dan Bintan dinilai cocok menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara dengan visa jangka panjang (long term visa). 

Diharapkan long term visa dapat menarik wisatawan mancanegara yang mau tinggal di Indonesia dalam waktu yang cukup panjang. 

Baca juga:

"Kami melihat bahwa long term visa itu bisa meningkatkan kualitas pariwisata kita. Dari jumlah waktu yang mereka tinggal di Indonesia maupun juga dari pengeluaran yang mereka keluarkan selama tinggal di Indonesia," kata Sandiaga, Kamis. 

Selain itu, dilansir dari Kompas.com, Sabtu (20/3/2021), Nongsa di Batam dan Bintan Lagoi juga pernah direncakan sebagai zona travel corridor  (koridor perjalanan) di Provinsi Kepulauan Riau. Saat itu Batam dan Bintan dinilai siap dari segi angka kasus Covid-19. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com