Kompas.com - 02/10/2021, 11:51 WIB

KOMPAS.com - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua telah resmi dimulai. Tak hanya seputar olahraga, suvenir kerajinan khas Papua juga mencuri perhatian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui membeli dua noken begitu sampai di Jayapura, Papua pada Jumat (1/10/2021). Noken adalah kerajinan khas Papua berupa tas tradisional yang terbuat dari kulit kayu.

Dilansir dari Karakteristik Tumbuhan Bahan Baku dan Pewarna Alami Noken pada Masyarakat Suku Damal karya Ryan, kerajinan ini merupakan wujud dari keanekaragaman hayati yang ada di Bumi Cendrawasih.

Baca juga: Tiba di Jayapura, Jokowi Beli Dua Noken Buatan Mama Papua

"Biodiversitas yang tinggi memungkinkan masyarakat dalam memanfaatkan tanaman sesuao dengan peruntukannya dapat terpenuhi. Salah satunya adalah pembuatan noken," tulis Ryan.

Noken dibuat oleh hampir semua suku yang ada di Papua. Masing-masing suku juga memiliki karakteristik noken yang berbeda dengan suku lainnya.

Fungsi noken

Melansir Perhiasan Tradisional Indonesia karya Husni dan Siregar, bahan dasar dalam pembuatan Noken berupa serat kayu atau kulit kayu yang dianyam menjadi sebuah dengan tali panjang menyerupai kalung.

Noken adalah tas khas Papua yang digunakan untuk membawa hasil pertanian dan barang dagangan ke pasar.SHUTTERSTOCK / By yudha wirawan Noken adalah tas khas Papua yang digunakan untuk membawa hasil pertanian dan barang dagangan ke pasar.

Noken digunakan kaum perempuan untuk menyimpan dan membawa bahan makanan. Mereka juga menggunakan kerajinan tradisional ini sebagai gendongan bayi.

"Berfungsi untuk menyimpan dan mengangkut bahan makanan, gendongan bayi juga diyakii sebagai kehidupan dan kesuburan," tulis Husni dan Siregar.

Baca juga: Noken, Tas Khas Papua Simbol Kedewasaan Perempuan

Tak hanya sebagai alat membawa barang, Noken juga berfungsi sebagai hiasan atau aksesori bagi perempuan Tanah Papua. Tas kulit kayu tersebut digunakan sebagai aksesoris yang diselempangkan di kening, sehingga terjulur ke bagian belakang kepala sampai pundak.

Jenis bahan baku

Noken umumnya terbuat darii serat atau kulit kayu. Namun menurut Ryan, setiap suku memiliki bahan baku noken yang berbeda.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.