Kompas.com - 19/10/2021, 13:01 WIB

 

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya berencana melakukan penyambutan bagi penerbangan internasional pertama yang tiba di Bali.

“Ada rencana penyambutan. Namun, hingga saat ini kami masih menunggu terkait jadwal penerbangan dari maskapai yang mendarat ke Bali,” kata dia dalam Weekly Press Briefing, Senin (18/10/2021).

Selain itu, lanjut Sandiaga, hal tersebut masih dikoordinasikan dengan pihak terkait. Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah persiapan penanganan wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia.

“Penanganan untuk selalu mengikuti ketentuan karantina, teknis kedatangan perjalanan, dan persyaratan yang sudah ditetapkan,” kata dia.

Baca juga:

Belum ada penerbangan ke Bali

Bali sudah dibuka kembali untuk wisman dari 19 negara tertentu sejak 14 Oktober 2021. Beberapa di antaranya adalah China, Jepang, Italia, dan Swedia.

Kendati demikian hingga 16 Oktober 2021, belum ada maskapai yang mengajukan slot penerbangan internasional berjadwal ke Pulau Dewata.

Sunset di Bandara Ngurah RaiShutterstock/I Gede Arya Wisnu Karsana Sunset di Bandara Ngurah Rai

“Kami berharap dalam waktu dekat, maskapai mulai mengajukan slot penerbangan internasional ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Faik Fahmi, melansir Kompas.com, Senin.

Selain belum ada penerbangan internasional ke Bali, pemesanan hotel dan paket wisata pun masih nihil dengan mayoritas wisman masih bertanya-tanya soal paket wisata.

Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, para wisman yang bertanya tentang paket wisata rata-rata menanyakan untuk kunjungan pada November-Desember.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.