Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai di Jepang Jual Tiket Penerbangan Misterius Lewat Vending Machine

Kompas.com - 25/10/2021, 13:16 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comPeach Aviation, sebuah maskapai penerbangan di Jepang, menggunakan mesin penjual otomatis (vending machine) untuk menjual tiket penerbangan ke destinasi rahasia.

Melansir Travel and Leisure, Jumat (22/10/2021), maskapai itu menaruh mesin penjual otomatis pertama di Osaka pada pertengahan Agustus sebagai bagian dari pemasaran, menurut The Japan Times.

Mesin penjual otomatis tersebut berisi kapsul-kapsul yang di dalamnya terdapat perjalanan kejutan. Sejak saat itu, maskapai ini telah menjual lebih dari 3.000 kapsul.

Bahkan, penjualan kapsul dalam sehari bisa mencapai 150 kapsul. Alhasil, maskapai menaruh mesin penjual otomatis kedua di Distrik Shibuya, Tokyo.

Baca juga:

Penjualan di luar perkiraan

Brand Manager dalam Branding and Communication Department Peach Aviation Shuntaro Kosasa mengatakan, memasarkan perjalanan dengan destinasi tujuan yang tidak dapat dipilih pelancong mungkin tidak akan berhasil.

“Kami berpikir bahwa tidak apa-apa jika kami bisa menjual satu kapsul per hari. Namun mesin tiba-tiba menjadi populer, dan kami sangat terkejut,” ungkapnya kepada The Japan Times, mengutip Travel and Leisure.

Setiap kapsul memiliki harga 5.000 yen atau sekitar 44 dolar Amerika Serikat (AS), setara dengan Rp 626.155, dan meliputi secarik kertas dengan destinasi wisata yang spesifik.

Kertas itu juga mencakup kode promo dengan poin yang akan digunakan untuk membeli tiket di tempat itu.

Sebagian besar kapsul memiliki kode untuk setidaknya 6.000 poin yang memiliki nilai 6.000 yen.

Baca juga:

Beragam destinasi wisata di dalam kapsul

Ilustrasi Kota Sapporo di Hokkaido, Jepang.UNSPLASH/KWON YOUN Ilustrasi Kota Sapporo di Hokkaido, Jepang.

Beragam destinasi wisata termasuk yang populer di Jepang termasuk di dalam kapsul. Misalnya adalah Sapporo.

Untuk mesin di Osaka, mereka menawarkan kesempatan bagi orang-orang untuk terbang pada salah satu dari 13 rute yang tersedia.

Sementara itu, mesin di Tokyo menawarkan kesempatan untuk terbang pada salah satu dari 11 rute yang berbeda dari Bandara Narita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com