Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Raya Wajibkan Karantina Mandiri untuk Semua Kedatangan

Kompas.com - 28/11/2021, 13:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Inggris Raya akan wajibkan karantina mandiri untuk seluruh kedatangan karena varian baru Covid-19 Omicron.

Melansir Simple Flying, Sabtu (27/11/2021), semua kedatangan wajib karantina mandiri sambil menunggu tes PCR dalam waktu dua hari setelah kedatangan, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pada Sabtu, aturan akan diterapkan untuk mengantisipasi munculnya varian itu dari para penumpang yang tiba di Inggris Raya.

Adapun varian Omicron ini pertama kali muncul di selatan benua Afrika pada akhir November 2021. Varian ini membuat khawatir para ahli di dunia.

Baca juga:

Berdasarkan susunan genetiknya, varian Covid-19 Omicron dapat menangkis kekebalan dari vaksin Covid-19. Hal itu memunculkan banyak larangan perjalanan yang dikeluarkan selama 72 jam terakhir.

Dengan kasus varian yang bermunculan di negara-negara di seluruh dunia, sejumlah negara telah mengambil tindakan cepat. Misalnya adalah Belgia, Jerman, Hong Kong, Israel, dan Inggris Raya.

Penerbangan dari selatan Afrika telah dilarang

Selain mewajibkan karantina mandiri untuk seluruh kedatangan, Inggris Raya juga telah melarang penerbangan dari selatan Afrika. Kebijakan diterapkan hingga Inggris Raya dapat menjalankan kembali sistem karantina hotel mereka.

Kemudian, sebanyak 10 negara masuk kembali ke daftar negara merah. Artinya, penerbangan dari negara dalam daftar itu akan dibatasi hanya untuk warga Inggris Raya Saja. Mereka juga wajib karantina 10 hari.

Terkait wajib karantina yang digaungkan Johnson, hingga kini belum ada informasi lebih lanjut kapan aturan mulai efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com