Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Tradisi Bau Nyale di Lombok akan Digelar Februari 2022

Kompas.com - 08/01/2022, 16:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Puncak tradisi Bau Nyale di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan digelar pada 20 - 21 Februari 2022.

Hal tersebut mengacu pada hasil sangkep warige atau musyawarah para tokoh budaya di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. 

Sebagai informasi, melansir Kompas.com, Senin (29/2/2016), tradisi Bau Nyale erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika, seorang putri raja yang dikisahkan memiliki tingkah laku yang baik. 

Baca juga:

Masyarakat suku Sasak di Lombok meyakini bahwa cacing laut yang muncul setiap tradisi Bau Nyale merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

Sehingga, saat tradisi tersebut tiba, masyarakat akan datang ke pantai untuk menangkap cacing laut yang berwarna hijau, cokelat, dan merah. Cacing yang berhasil ditangkap diyakini sebagai berkah dan kemudian akan dikonsumsi.

Inilah nyale, cacing laut, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Mandalika adalah seorang putri cantik yang menceburkan dirinya ke laut lepas, karena tak menginginkan pertempuran antar pangeran yang memperebutkan dirinya.KOMPAS.com/Fitri Inilah nyale, cacing laut, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Mandalika adalah seorang putri cantik yang menceburkan dirinya ke laut lepas, karena tak menginginkan pertempuran antar pangeran yang memperebutkan dirinya.

"Ini sesuai hasil sangkep warige yang telah digelar bersama parah tokoh budayawan," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah, Sabtu (8/1/2022), mengutip Antara.

Ia menamabahkan bahwa perayaan Bau Nyale masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya akan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Baca juga:

Tokoh budaya yang hadir saat sangkep warige, Yakum, mengatakan bahwa cacing laut akan mulai dicari pada Minggu, 20 Februari 2021. 

"Dan tumpahnya pada hari Senin tanggal 21 Februari 2022," ujarnya.

Biasanya tradisi Bau Nyale dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret di Pantai Seger. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com