Kompas.com - 27/01/2022, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Saat wisatawan berkunjung ke suatu daerah, beberapa hal yang diharapkan adalah tempat dan lingkungan yang baik atau menyenangkan.

Sebuah online travel agent yang berbasis di Belanda, Booking.com, merilis daftar kota-kota paling ramah untuk dikunjungi wisatawan pada 2022 atau Most Welcoming Cities on Earth for 2022. 

Baca juga: Daftar 10 Museum Terindah di Dunia, Ada Louvre

Mulai dari pulau yang jauh dari keramaian, kota dengan kekayaan sejarah, serta kota dengan keindahan arsitektur hingga alamnya, ada 10 tempat wisata yang termasuk dalam daftar ini.

Semuanya telah dipilih secara konsisten dan dianggap ramah bagi wisatawan, terbukti dari 232 juta ulasan terverifikasi dalam kanal Booking.com.

Merangkum laman resminya pada Kamis (27/1/2022), berikut 10 kota paling ramah untuk wisatawan.

1. Matera, Italia

Kota Matera di Italia saat petangUnplash/Sterlinglanier Lanier Kota Matera di Italia saat petang

Kota di Italia Selatan ini dinilai sebagai tempat liburan pilihan oleh banyak wisatawan. Matera telah menjadi tempat syuting beragam film, di antaranya film James Bond No Time to Die dan Quantum of Solace, serta Wonder Woman. 

Kota ini diakui sebagai Most Welcoming City #1 di dunia versi Booking.com pada tahun 2022.

Matera, yang merupakan permukiman tertua ketiga di dunia yang dihuni setelah Aleppo dan Jericho, memiliki daya tarik yang kuat. Mulai dari sejarah, makanan, arsitektur, hingga pemandangannya. 

Kota ini didominasi oleh karakteristik batunya yang unik dan goa-goa alam, yang telah digali dan diperluas selama 1.000 tahun terakhir, serta diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1993.

Baca juga: 10 Restoran Termahal di Dunia, Harga Menunya Rp 24,9 Juta per Orang

2. Bled, Slovenia

Pemandangan di Bled, SloveniaUnplash/Francisco Ghisletti Pemandangan di Bled, Slovenia

Bled di Slovenia menawarkan panorama danau dengan nama yang sama. Kota ini cocok untuk pencinta wisata alam karena mereka bisa hiking, olahraga air, atau bersepeda.

Memiliki rangkaian gunung dan perbukitan Julian Alps, Bled telah lama menerapkan praktik pariwisata berkelanjutan. Sehingga, cocok bagi wisatawan yang sadar akan lingkungan. 

Bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh budaya setempat selama berkunjung, menyantap makanan tradisional Slovenia diiringi musik live dan tarian merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu, ada berbagai obyek wisata menarik, seperti Kastil Bled dan benteng tertua di Slovenia.

Baca juga: 10 Destinasi Terpopuler di Dunia 2022 Versi Trip Advisor, Dubai Juara

3. Taitung, Taiwan

Kota Taitung di TaiwanUnplash/Moralis Tsai Kota Taitung di Taiwan

Taitung, yang terletak di pantai tenggara Taiwan, dikenal memiliki pantai, taman-taman, dan budaya yang kaya. Kota ini memiliki iklim tropis sepanjang tahun, sehingga cukup memudahkan wisatawan yang ingin berwisata dan menikmati panorama kota ini.

Salah satu panorama yang patut dilihat adalah dari Liyushan, atau dikenal sebagai Gunung Ikan Mas.

Taitung juga merupakan surga bagi para pencinta kuliner. Cara terbaik menikmati santapan di kota ini adalah dengan mengunjungi Pasar Malam Taitung, yang dipenuhi gerai makanan kaki lima.

Baca juga: 10 Kota dengan Populasi Paling Sedikit di Dunia, Ada yang Cuma 50 Orang

4. Nafplio, Yunani

Nafplio di YunaniUnsplash/ Dario Morandotti Nafplio di Yunani

Nafplio, sebuah kota pantai di bagian timur semenanjung Peloponnessian, berjarak sekitar dua jam dari sebelah barat Athena atau Ibu Kota Yunani. 

Nafplio menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menghindari kerumunan wisatawan lainnya.

Tidak hanya itu, Nafplio menawarkan banyak arsitektur dan situs bersejarah untuk dijelajahi. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah mendaki ke Kastel Palamidi untuk melihat pemandangan pelabuhan kota.

Baca juga: Bali Destinasi Terpopuler Asia dan Keempat Dunia Versi TripAdvisor

5. Toledo, Spanyol

Toledo di SpanyolUnsplash/Wei Hunag Toledo di Spanyol

Toledo terletak di Spanyol bagian tengah dan bisa dicapai dengan kereta api sekitar 30 menit dari Madrid.

Kota ini terkenal akan toleransinya karena beragam komunitas hidup bersama secara harmonis selama berabad-abad. Oleh karena itu, Toldeo dinilai sebagai tempat yang baik bagi wisatawan yang tertarik pada sejarah, budaya, dan arsitektur.

Selama bulan Mei dan Juni, Katedral Toledo umumnya dihiasi dengan permadani untuk merayakan pesta Corpus Christi. Atraksi ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 20 Maskapai Terbaik Dunia Versi World Airline Awards, Ada Garuda Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.