Kompas.com - 21/03/2022, 05:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat keterisian atau okupansi kamar hotel di Lombok mencapai 95 persen selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB), Ni Ketut Wolini.

Baca juga:

Wolini menjelaskan, angka tersebut berasal dari data PHRI NTB dengan jumlah 1.642 hotel dan 18.200 kamar.

Sementara, jumlah hotel di NTB secara keseluruhan adalah 1.809 hotel dengan 20.607 kamar.

"Okupansi hotel di Lombok sudah 95 persen, itu daerah Lombok Tengah, Kota Mataram, dan Lombok Barat itu bisa dikatakan sudah full (penuh)," ujar Wolini saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/03/2022).

Baca juga:

Sementara, sisa lima persen okupansi yang masih belum terisi penuh adalah hotel-hotel di kawasan Sembalun dan tiga Gili.

Ia menduga, salah satu penyebab okupansi hotel di daerah tersebut belum setinggi daerah Lombok lainnya adalah karena alasan jarak.

"Memang jarak tempuh Mandalika ke Sembalun dan sekitarnya itu tiga jam. Mungkin karena itu penonton MotoGP jadi berpikir," lanjut dia.

Gili Trawangan, Lombok, NTB.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Gili Trawangan, Lombok, NTB.

Adapun jarak antara tiga Gili dengan Mandalika juga cukup jauh, yaitu sekitar dua jam, ditambah dengan penyeberangan lewat laut.

Kendati demikian, okupansi hotel di tiga Gili dan kawasan Lombok Timur seperti Sembalun saat perhelatan MotoGP Mandalika menurutnya masih lebih baik jika dibandingkan saat Superbike World Championship (WSBK) November 2021.

Saat itu, tiga Gili dan Sembalun benar-benar sepi dari pengunjung.

"Kalau tiga Gili dan Sembalun saat WSBK memang masih kosong, seperti itu. Tapi pas MotoGP masih ada yang menginap di sana, meski tidak full," terangnya.

Artinya, masih ada hotel-hotel di daerah Lombok Timur yang laku diinapi oleh pengunjung, khususnya saat gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.