Kompas.com - 20/05/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Kedai Sawah Sembalun merupakan obyek wisata viral (hits) yang berada di Dusun Jorong, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. 

Pemilik Kedai Sawah Sembalun bernama Purna mengatakan, konsep yang diusung adalah kombinasi dari wisata kuliner dan agrowisata. 

“Jadi orang datang, habis makan bisa melihat sawah, petik hasil sayuran, petik strawberry, dan foto,” terangnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/5/2022). 

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Sembalun, Lombok Usai Main Paralayang

Baca juga: Desa Sembalun di Lombok Punya Aktivitas Wisata Paralayang

Purna yang merupakan eks pemandu wisata ini menuturkan ide mendirikan Kedai Sawah Sembalun terinspirasi dari Svargabumi Borobudur, Jawa Tengah dan wisata kebun teh di Pangalengan, Jawa Barat. Selanjutnya, ia mendirikan Kedai Sawah Sembalun pada 2018. 

Keunikan dari Kedai Sawah Sembalun adalah pengunjung bisa menikmati pengalaman memetik sayur dan buah-buahan langsung dari sawah petani.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati pengalaman bersantap dengan panorama perbukitan dan gunung di Lombok Timur. 

Agrowisata yang bermitra dengan petani

Tak sekadar bisnis semata, Purna mengajak serta petani di area sekitar Kedai Sawah Sembalun untuk bermitra. Ia mengungkapkan lokasi Kedai Sawah Sembalun dikeliling area sawah milik warga. 

Sawah-sawah tersebut ditanami aneka tanaman, seperti bawang merah, bawang putih, wortel, selada, kol, kentang, dan lainnya. Purna pun berinisiatif untuk mengajak para petani pemilik sawah tersebut bermitra. 

Kedai Sawah Sembalun di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.Dok Instagram @kedai_sawahsembalun Kedai Sawah Sembalun di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Jadi, pengunjung Kedai Sawah Sembalun dapat memetik aneka tanaman tersebut, kemudian membelinya langsung dari petani.

Purna menyatakan para petani menyambut baik kerja sama tersebut karena mereka mendapatkan harga yang jauh lebih baik ketimbang dijual ke tengkulak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.