Kompas.com - 20/05/2022, 19:04 WIB

KOMPAS.com - Maskapai Lion Air, Batik Air, dan Wings Air menyampaikan sejumlah aturan untuk calon penumpang yang harus dipatuhi sebelum dan selama penerbangan, pada Rabu (18/5/2022).

Salah satunya terkait ketentuan membawa laptop dan alat elektronik lain, termasuk powerbank (pengisi daya).

Di bawah ini adalah aturan membawa laptop, powerbank, dan barang elektronik lainnya dalam sejumlah maskapai penerbangan yang termasuk dalam Lion Air Group ini:

1. Dilarang membawa perangkat elektronik yang mengeluarkan uap atau asap.

2. Dilarang membawa laptop produk Apple jenis MacBook Pro 15 inci produksi tahun 2015 yang dipasarkan periode September 2015 sampai Februari 2017 sebagai bagasi tercatat, atau terdaftar (checked baggage), dan kargo.

3. Dilarang membawa produk MacBook Pro (Retina 15-Inci) produksi tahun 2015 yang dipasarkan pada periode September 2015 sampai Februari 2017.

4. Powerbank kapasitas maksimum 100 Wh atau 20.000 mAh hanya boleh dibawa ke kabin dan dilarang masuk dalam bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage).

Baca juga: Aturan Terbaru Naik Pesawat Lion Air, Batik, dan Wings per 18 Mei 2022

Pesawat Batik air Shutterstock Pesawat Batik air

5. Powerbank berkapasitas 100-160 Wh atau 20.000-32.000 mAh harus memiliki persetujuan dari Lion Air.

6. Powerbank berkapasitas lebih dari 160 Wh dilarang masuk ke dalam pesawat.

7. Powerbank tidak boleh dipergunakan selama pesawat lepas landas, mendarat, atau bergerak di landasan parkir (apron), landas hubung (taxiway), dan landas pacu (runway).

8. Powerbank tidak dipergunakan ketika berada di lorong, kursi dekat jendela darurat, dan pintu keluar di pesawat.

Baca juga: Thai Lion Air Layani Rute Jakarta-Bangkok Thailand, Tiket Mulai Rp 1,4 Juta

Selain itu, penumpang juga diimbau untuk tidak menyebabkan kerusakan fasilitas atau menyebabkan cedera pada diri sendiri, penumpang lain, serta kru yang bertugas di pesawat.

Mereka juga dimbau tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain, seperti menghalangi jarak duduk di bagian depan kursinya.

"Dalam menjalankan operasional, Lion Air Group memastikan kondisi kesehatan personel pesawat udara serta petugas layanan darat dalam kondisi sehat," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu. 

Baca juga: Maskapai Malindo Berganti Nama Jadi Batik Air

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.