Kompas.com - 25/05/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sasar kalangan atlet sebagai micro influencer untuk mempromosikan sport tourism (wisata olahraga) di Indonesia.

Menurutnya, saat ini wisata berbasis olahraga memiliki daya tarik tersendiri, sehingga menjadi gaya hidup yang patut dikembangkan.

"Menurut saya, olahraga ini menjadi lifestyle (gaya hidup) dan daya tarik, dan pariwisata berbasis olahraga sekarang meningkat," kata Sandiaga, dalam Press Conference bersama Mesut Ozil di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

Sandiaga mencontohkan, ada banyak atlet lari asal Indonesia yang berlaga di kancah internasional dalam 6 World Major Marathons, seperti di New York, Berlin, dan Tokyo.

Baca juga:

Ia menyampaikan niatnya, untuk membekali para atlet ini dengan produk-produk ekonomi kreatif buatan Indonesia.

"Nah saya melihat salah satu bentuk kerja samanya yang dapat dikembangkan, bahwa mereka bisa kita bekali produk-produk promosi pariwisata Indonesia, sehingga kita bisa tampil di event (acara) internasional itu menggunakan micro influencer," jelasnya. 

Jika ada influencer besar seperti Mesut Ozil, lanjutnya, maka akan ada pula micro influencer.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.com, Selasa (25/2/2020), micro influencer adalah influencer yang memiliki total pengikut (followers) 10.000 - 100.000 pengikut. 

Tidak ingin gunakan cara mahal lagi

Ilustrasi sport tourism.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi sport tourism.

Sandiaga mengatakan, pihaknya tidak ingin menggunakan cara mahal lagi, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya, untuk promosi pariwisata.

"Cara-cara yang 'mahal' seperti dulu misalnya, Indonesia pernah mensponsori Liverpool, tapi itu mahal sekali dan kita tidak mampu lagi melakukannya setelah pandemi Covid-19," ujarnya.

Baca juga:

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga ingin melihat kolaborasi dengan pemain sebagai jalan baru untuk memasarkan pariwisata Indonesia.

"Jadi itu yang akan kita kembangkan inovasi-inovasi baru mencari potensi untuk bekerja sama dan sesuai dengan tagline kita Wonderful Indonesia," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.