Kompas.com - 26/05/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism makin dikembangkan di Indonesia, khususnya di sejumlah daerah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mempromosikan lima destinasi super prioritas (DSP) dan Bali untuk menjadi tempat sport tourism.

“Kami mempromosikan lima destinasi super prioritas (DSP), ada Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang,” kata Sandiaga saat Press Conference bersama Mesut Ozil di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Mesut Özil ke Indonesia, Sandiaga Harapkan Ini untuk Pariwisata

Pihaknya mendorong event-event olahraga berskala nasional dan internasional di lima DSP dan di Bali, terutama sebagai bagian dari G20.

Menparekraf melanjutkan, terdapat sejumlah perhelatan olahraga yang saat ini sudah dijadwalkan dan tersebar di beberapa destinasi.

Untuk Marathon, misalnya, selain di Borobudur ada di Bali dan juga Bandung. Sementara, untuk Triathlon juga terbagi ke beberapa destinasi.

Baca juga: Menparekraf: Waisak Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Borobudur

“Khusus di Danau toba sudah dirancang ada F1 di atas air, yaitu F1H20,” ujar Sandiaga.

Selain itu, kata dia, perhelatan olahraga sepeda saat ini juga termasuk populer. Adapun untuk perhelatan berbasis beach game (ajang olahraga pantai), juga menjadi salah satu cabang yang ingin didorong oleh Kemenparekraf.

Dorong pariwisata berbasis olahraga khususnya sepak bola

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, ia melihat makin banyak perhelatan olahraga maupun pariwisata berbasis olahraga di Tanah Air.

Hal ini, menurutnya, berpengaruh pada tingginya minat masyarakat terhadap pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism.

Wisatawan berselancar di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).BARRY KUSUMA Wisatawan berselancar di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.