Kompas.com - 26/05/2022, 18:13 WIB

BATU, KOMPAS.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia Penang, Malaysia bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur tengah menelaah potensi pariwisata di Kota Batu. Tujuannya untuk menggaet wisatawan asal negeri jiran untuk berwisata di Jawa Timur.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, ada 12 delegasi dari KJRI Penang dan Disbudpar Jatim yang sedang berkeliling di Kota Batu.

Baca juga: 12 Wisata Batu yang Pas Dikunjungi Saat Lebaran 2022 

Dia mengungkapkan sekitar 30 persen dari kunjungan wisatawan di Jawa Timur didominasi oleh warga Malaysia. Hal itu dinilai menjadi potensi untuk lebih serius dalam memasarkan pariwisata di Kota Batu ke Malaysia.

"Ini merupakan awal dalam melakukan penjajakan melihat potensi destinasi dari wisata di Kota Batu yang bisa ditawarkan atau dipasarkan dan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama dalam bidang pariwisata," kata Punjul saat diwawancarai di Balai Kota Among Tani, Batu, Rabu (25/05/2022).

Dia berharap ke depannya dapat sebanyak-banyaknya warga Malaysia untuk berwisata ke Batu. Sebab, kata dia, hal tersebut bakal mendukung pertumbuhan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

"Sekarang di angka positif 4 persen, sudah jauh lebih baik dibandingkan saat pandemi tahun lalu masih minus 1,6 persen, sebelum pandemi 6 persen. Mudah-mudahan bisa mengembalikan angka itu dan pandemi Covid-19 segera berakhir berganti menjadi endemi," ungkapnya.

Baca juga:

Lebih lanjut, para delegasi diajak berkunjung ke destinasi wisata alam dan buatan. Destinasi tersebut antara lain Mal Bunga Sidomulyo, off-road ke Brakseng, serta Desa Sumberbrantas untuk menikmati kopi asal Kota Batu dan makan siang. Kemudian, delegasi juga mencoba wisata petik Apel.

Menurut Punjul, ada pula wisata religi, seperti Pura Arjuna yang bisa dikunjungi.

Ia berkeyakinan, udara yang sejuk di Kota Batu juga akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan asal Malaysia.

12 delegasi dari KJRI Penang dan Disbudpar Jatim berwisata di Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu (25/5/2022). KOMPAS.com/ Nugraha Perdana 12 delegasi dari KJRI Penang dan Disbudpar Jatim berwisata di Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu (25/5/2022).

Ke depannya, Punjul berharap Kota Batu tak kalah bersaing dengan destinasi populer seperti Bali dan Yogyakarta, serta bisa menjadi destinasi wisata unggulan internasional.

"Kita akan menuju ke sana, sehingga wisatawan setelah ke Bali jangan dulu terburu-buru ke Yogyakarta tapi bisa ke Batu dulu. Kita harus bentuk dulu kebiasaan perilaku wisatawan seperti itu," katanya.

Baca juga:

Selain di Kota Batu, kunjungan delegasi KJRI Penang juga dilakukan ke daerah lain, seperti Surabaya dan Banyuwangi.

Pejabat Fungsi Ekonomi KJRI Penang, Hariadi Ramadan mengatakan, pihaknya akan menggali potensi pariwisata di Jawa Timur yang selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat Malaysia secara umum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.