Kompas.com - 27/05/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Jembatan gantung umunya berfungsi sebagai penghubung satu titik ke titik lain yang dipisahkan sungai atau jurang.

Namun, jembatan gantung kerap menyajikan pemandangan indah, seperti aliran sungai, deretan pepohonan, hingga rangkaian bukit yang memanjakan mata.

Maka dari itu, tak jarang jembatan gantung justru beralih fungsi sebagai tempat wisata, sekaligus menjadi wahana bagi penyuka kegiatan adu adrenalin.

5 Jembatan gantung unik di Pulau Jawa

Adapun 5 jembatan gantung di Pulau Jawa berikut ini terkenal akan keunikannya, sebagaimana dirangkum oleh Kompas.com:

1. Rengganis Suspension Bridge, Bandung

Rengganis Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis yang baru diresmikan 3 Mei 2022 diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Rengganis Suspension Bridge, wisata baru di Rancabali, Bandung yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di AseanDok. Instagram @rengganissuspensionbridge Rengganis Suspension Bridge, wisata baru di Rancabali, Bandung yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asean

“Setahu saya begitu (jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara), karena belum ada lagi yang lebih panjang,” ucap Pengelola Rengganis Suspension Bridge Marcel, mengutip Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Menghubungkan pintu masuk obyek wisata Kawah Rengganis ke lokasi kawah, jembatan ini membentang sepanjang 370 meter dengan ketinggian 75 meter.

Baca juga: Panduan ke Rengganis Suspension Bridge, Harga Tiket dan Jam Buka

Guna menjamin keamanan pengunjung, Rengganis Suspension Bridge menggunakan kawat sling baja yang diimpor dari luar negeri serta telah melalui uji coba dan penelitian dari pabrik.

Sedangkan dalam pembangunannya, pihak perancang dan pengelola telah berkonsultasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Struktur Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

2. Jembatan Situ Gunung, Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi berlokasi di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.