Kompas.com - 27/05/2022, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berenang atau bermain air di sungai merupakan salah satu aktivitas alam yang menyenangkan. Namun, cukup sering timbul kejadian korban hanyut terseret arus pada saat tak terduga.

Fenomena seperti ini sebaiknya dihindari dengan melakukan persiapan yang cukup dan pengunjung tidak asal melompat saat hendak berenang di sungai.

Baca juga: Cara Selamatkan Diri Saat Hanyut di Sungai, Jangan Lawan Arus

"Kalau misalnya kita mau berenang di sungai, pertama harus pahami dulu arus sungainya kaya gimana dan kondisinya seperti apa. Percuma kalau jago renang tapi tidak mengenal medannya."

Demikian disampaikan Ketua Umum Gopala Valentara PMPA Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS), Toif Fadzoli, kepada Kompas.com, Jumat (27/05/2022).

Macam-macam persiapan sebelum berenang di sungai

Lantas, seperti apa persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum berenang di sungai? Berikut informasi yang Kompas.com rangkum.

1. Melihat bentuk sungai

Pertama, menurut Toif, seseorang sebaiknya mengecek terlebih dahulu bentuk sungai yang akan dikunjungi. Jika merupakan sungai yang memang dijadikan tempat wisata, biasa akan ada penjaga khusus.

“Lihat bentuk sungainya, apakah sungai wisata atau apa. Kalau sungai wisata, biasanya ada perlengkapan yang disediakan dari operator."

“Kalau sungai selain wisata, katakanlah liar, kita wajib bawa perlengkapan sendiri, misalnya throwing bag. Alat ini bisa sangat berguna dan membantu kalau hanyut di sungai,” ujar dia.

Baca juga: 4 Tips Aman Bawa Uang Tunai Saat Liburan

Adapun throwing bag atau tas lempar berfungsi untuk olahraga air seperti rafting atau kegiatan rescue.

Tas lempar ini memiliki panjang tali sekitar 20 meter, sehingga membuat pengguna nyaman serta tetap mengutamakan keamanan.

2. Membawa peluit

Perlengkapan kedua yang sebaiknya dibawa adalah peluit.

Toif menjelaskan, lebih baik berjaga-jaga jika membutuhkan pertolongan cepat. Dalam kondisi tersebut, peluit dapat dibunyikan dan terdengar lebih jelas.

“Fungsinya ketika temen kita ada kecelakaan di sungai, kita bisa membunyikan pluit. Kalau teriak-teriak aja takutnya suara tidak terdengar, jadi ini supaya terdengar sama orang lain dengan baik,” terang Toif.

Baca juga: 6 Tips Wisata dengan Pengidap Alergi Makanan agar Tetap Aman

3. Mempersiapkan segala hal termasuk pelampung

Hal penting lainnya adalah membawa perlengkapan utama, yakni pelampung.

Meski sungai terlihat tidak seluas laut, namun tetap ada antisipasi yang harus dilakukan, terutama jika tidak bisa berenang.

“Lebih safety lagi, kalau tahu tidak bisa berenang, bawa pelampung saja sebaiknya untuk jaga diri,” katanya.

Baca juga: Wajib Tahu, 8 Cara Aman Mengemas Makeup Saat Liburan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.