Korea Selatan Akan Cabut Wajib Karantina untuk Turis yang Belum Vaksin 

Kompas.com - 04/06/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan berencana mencabut persyaratan karantina bagi wisatawan asing yang belum mendapat vaksinasi Covid-19.

Dilansir dari Yonhap News Agency, pelonggaran tersebut akan diberlakukan mulai Rabu (8/6/2022) mendatang. Saat ini, setiap wisatawan asing yang belum divaksinasi wajib menjalani masa karantina selama tujuh hari. 

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo mengatakan, upaya tersebut diharapkan memulihkan kondisi normal pra-pandemi. 

“Meskipun ada kewajiban karantina tujuh hari untuk kedatangan asing yang tidak divaksinasi sampai sekarang, persyaratan tersebut akan dihapuskan mulai 8 Juni terlepas dari status vaksinasi mereka,” ujarnya dikutip dari Channel News Asia

Baca juga:

Ilustrasi Korea Selatan - Deretan rumah tradisional Korea bernama hanok di Bukchon Hanok Village, Korea Selatan.SHUTTERSTOCK / CJ Nattanai Ilustrasi Korea Selatan - Deretan rumah tradisional Korea bernama hanok di Bukchon Hanok Village, Korea Selatan.

Namun demikian, pemerintah Negeri Gingseng tetap mempertahankan kewajiban tes PCR dalam kurun waktu 72 jam, atau tiga hari setelah kedatangan wisatawan. 

Selain menghapus kewajiban karantina, Pemerintah Korea Selatan juga berencana melonggarkan aturan penerbangan internasional, khususnya di Bandara Internasional Incheon.

Saat ini, Pemerintah Korea Selatan memberlakukan pembatasan penerbangan, waktu operasi penerbangan, dan jam malam di Bandara Internasional Incheon.

Han menyatakan, pengetatan tersebut menimbulkan ketidaknyamanan, di antaranya kurangnya tiket dan kenaikan harga. Oleh sebab itu, pelonggaran aturan penerbangan internasional diharapkan mampu memperbaiki kondisi tersebut. 

Saat ini, Han menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid-19 di negara tersebut telah stabil. 

Baca juga:

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.