Kompas.com - 13/06/2022, 18:37 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Benteng Keraton Buton merupakan benteng terluas di dunia versi Guiness Book Record pada 2006 lalu. Benteng ini juga dikenal sebagai Benteng Wolio, seperti dikutip dari situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Benteng seluas 23,37 hektar ini berada di Desa Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Berada di atas perbukitan, Benteng Keraton Buton dikelilingi dengan sejumlah obyek wisata.

Berikut tujuh wisata sekitar Benteng Keraton Buton. Jadi, setelah puas mengunjungi benteng, wisatawan bisa mendatangi detinasi wisata sekitar Benteng Keraton Buton lainnya. 

Baca juga: 6 Fakta Benteng Keraton Buton yang Terluas di Dunia 

Benteng Keraton Buton (Benteng Wolio)https://jadesta.kemenparekraf.go.id Benteng Keraton Buton (Benteng Wolio)

1. Desa Wisata Limbo Wolio  

Desa Wisata Limbo Wolio berada di dalam kawasan Benteng Keraton Buton. Berdasarkan informasi dari Jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, desa wisata ini memiliki luas wilayah sekitar 42 hektar, dengan jumlah penduduk sebanyak 2.223 jiwa.

Mengutip Kompas.com (9/6/2022), wisatawan yang mengunjungi desa wisata ini dapat menyaksikan atraksi tradisional Buton yang menarik. Meliputi, tradisi Kande-Kandea, Posipo, Alana Bulua, Dole-Dole, Tandaki, Haroa, Qadiri, Qunua, Tembaana Bula, serta berbagai permainan tradisional.

Dengan daya tarik tersebut, Desa Wisata Limbo Wolio berhasil masuk peringkat 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf. 

Baca juga: Desa Wisata Limbo Wolio di Sulawesi, Punya Benteng Terluas di Dunia

2. Museum Keraton Buton 

Museum Keraton Buton juga dikenal sebagai Museum Istana Buton. Lokasinya hanya berjarak 1,5 kilometer dari Benteng Keraton Buton, dengan waktu tempuh hanya empat menit berkendara. 

Berdasarkan informasi dari situs Asosiasi Museum Indonesia, Museum Istana Buton kerap disebut sebagai Museum Kebudayaan Wolio. Museum ini merupakan bekas tempat tinggal Sultan Buton terdahulu.

Gagasan pendirian museum datang dari putra Sultan Buton ke-38, yakni La Ode Manarfa Kaimuddin KK, tepatnya pada 1980. Saat ini, Museum Istana Buton dikelola oleh keluarga keturunan Sultan Buton ke-38.

Koleksi museum terdiri dari benda-benda peninggalan dari Kesultanan Buton. Mulai dari alat-alat upacara, altar, senjata atau alat perang seperti tombak dan meriam, alat kesenian, alat rumah tangga, foto-foto bersejarah, keramik, dan sebagainya. 

Baca juga: Benteng Terluas di Dunia Ternyata Ada di Indonesia, Ini Lokasinya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.