Kompas.com - 22/06/2022, 22:56 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

 

KOMPAS.com - Seorang pilot memegang kendali dalam sebuah penerbangan. Namun, sebagai manusia biasa seorang pilot tentunya membutuhkan tidur, utamanya dalam penerbangan jarak jauh.

Pertanyaannya, apakah boleh pilot tidur di pesawat selama penerbangan? Ternyata, pilot dapat tidur di pesawat selama penerbangan, asal memenuhi ketentuan. 

Bahkan, pilot mempunyai kamar rahasia di pesawat. Tak hanya pilot, awak kabin lainnya juga mempunyai kamar rahasia. Berikut ulasannya seperti dirangkum oleh Kompas.com

Baca juga: Cara Pramugari Siapkan Makanan di Pesawat, Ternyata Ada Perbedaan

Ilustrasi pilot.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pilot.

Bolehkah pilot tidur di pesawat? 

Melansir dari situs Flight Deck Friend, pilot diperbolehkan tidur selama penerbangan, dengan sejumlah aturan ketat. Biasanya, pilot hanya tidur pada penerbangan jarak jauh, meskipun tidur pada penerbangan jarak pendek diperbolehkan untuk menghindari efek kelelahan.

Tidur pilot dibagi menjadi dua kategori, yakni controlled rest dan bunk rest. Controlled rest atau istirahat terkendali, adalah saat pilot tidur di kokpit pesawat. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Controlled rest memungkinkan pilot untuk tidur maksimal 45 menit saat beban kerja rendah. Idealnya adalah, pilot tidur selama 10-20, atau power nap yaitu tahap tidur non-rapid eye movement (NREM). 

Sebab, jika pilot tidur antara 30 sampai 60 menit justru dapat menimbulkan rasa pusing. Tujuan controlled rest adalah meningkatkan kewaspadaan dan energi pilot saat periode beban kerja tinggi, seperti mendarat (landing). 

Baca juga: Waktu Terburuk untuk Terbang, Cek Sebelum Beli Tiket 

Sementara itu, bunk rest adalah saat pilot tidur pada sebuah kamar rahasia yang tersembunyi di dalam pesawat. Biasanya, pilot melakukan bunk rest saat penerbangan jarak jauh. 

Pada penerbangan jarak jauh, harus ada tiga hingga empat pilot sehingga pilot mendapatkan istirahat yang sesuai. Jadi, saat ada pilot yang tidur, maka pilot lainnya memegang kendali.

Hal ini merupakan praktik standar di industri penerbangan karena terbukti meningkatkan keselamatan penerbangan lantaran awak kabin beristirahat dengan baik. 

Baca juga: Hindari Naik Pesawat pada Hari Minggu, Ini Alasannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.