Kompas.com - 17/07/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Mencari tempat healing di Thailand bisa menjadi alternatif aktivitas saat bepergian ke luar negeri.

Adapun Negeri Gajah Putih menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang banyak dikunjungi oleh orang Indonesia.

Baca juga: Masuk ke Thailand Tak Perlu Thailand Pass dan Asuransi, Mulai 1 Juli

Ketika sedang enggan berada di tengah hingar bingar, cobalah mencari tempat yang tenang dan damai.

Adapun arti healing atau penyembuhan menurut sebuah jurnal yang diterbitkan di Global Advances in Health and Medicine pada 2015 adalah sebuah proses transformatif holistik secara pribadi dan multidimensi yang melibatkan perbaikan dan pemulihan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Healing tidak terjadi secara sekejap, melainkan diupayakan dari waktu ke waktu. Orang-orang banyak mengaitkan proses healing dengan tempat-tempat yang tenang.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Ubud Bali, Cocok untuk Healing

Jika kamu sedang mencari pilihan tempat healing di Thailand, berikut beberapa destinasi yang bisa dikunjungi:

1. Koh Lanta

Dikutip dari Culture Trip, Koh Lanta dulu merupakan tempat "rahasia" para backpacker. Namun, destinasi tersebut kini dikenal sebagai tempat berlibur keluarga dan pencinta pantai yang mencari tempat tenang tapi masih memiliki banyak aktivitas untuk dilakukan.

Koh Lanta, Thailand.SHUTTERSTOCK/ALEKSANDR OZEROV Koh Lanta, Thailand.

Pulau ini hanya terbentang sepanjang 30 Kilometer dan punya sembilan pantai yang luas, serta fasilitas seperti restoran dan bar, serta hutan-hutan lebat dengan goa misterius untuk dijelajahi.

Baca juga: Wisata Mangrove di Probolinggo, Healing Sambil Berburu Foto

Kondisi jalan yang sudah cukup baik dan telah diaspal membuat tempat ini juga cocok untuk berkeliling naik sepeda atau mengikuti tur.

2. Koh Kradan

Koh Kradan merupakan surga terpencil di lepas Pantai Trang di Laut Andaman. Di sana, kamu bisa bersantai sambil menikmati suara deburan ombak yang memecah karang.

Suasana di Koh Kradan, Thailand. Salah satu lokasi yang cocok untuk healing.SHUTTERSTOCK/ANNA EWA BIENIEK Suasana di Koh Kradan, Thailand. Salah satu lokasi yang cocok untuk healing.

Jika ingin berkeliling, kamu bisa mengitari seluruh pulau hanya dalam waktu tiga jam karena pulau ini hanya terbentang sepanjang 4 Km.

Baca juga: 10 Vila Dekat Stasiun Bogor, Cocok buat Healing dan Keluarga

Hampir seluruh wilayahnya dilindungi untuk konservasi, dengan hamparan pasir putih di sisi timur pulau yang sayang untuk dilewatkan.

3. Pulau Hong

Jika mencari tempat healing di Thailand yang relatif mudah diakses, cobalah pergi ke Pulau Hong. Destinasi ini bisa diakses dari Krabi hanya dengan speedboat sekitar 15 menit atau long tail boat sekitar 40 menit.

Seorang wisatawan menaiki long tail boat di Pulau Hong, Thailand. Pilihan empat healing di Thailand.SHUTTERSTOCK/WEE_J Seorang wisatawan menaiki long tail boat di Pulau Hong, Thailand. Pilihan empat healing di Thailand.

Pulau Hong sebetulnya merupakan kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau kecil tanpa penghuni di Taman Nasional Than Bok Khorani.

Pantainya berpasir putih, ada tebing kapur yang indah dan menjulang tinggi, serta memiliki pantai kecil yang terpencil. Cocok bagi para pencari ketenangan.

Baca juga: 5 Fakta Melukat, Ritual Trauma Healing yang Dijalani Pevita Pearce

Selain menikmati keindahan pulau mungil ini dan bersantai, kamu juga bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan mendayung kayak di antara kawanan ikan berwarna-warni yang berenang di perairan dangkal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.