Kompas.com - 16/08/2022, 18:51 WIB

 

KOMPAS.com - Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) kerap dirayakan dengan meriah dan berbagai aktivitas kreatif.

Di kawasan wisata pesisir Keakwa, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, misalnya, warga setempat menggelar pesta rakyat yang juga bisa dihadiri wisatawan.

Baca juga: Apa Tema HUT Ke-77 RI dan Maknanya?

Aktivitas yang dihadirkan seperti lomba voli, festival tari Seka, dan festival perahu, serta digelar mulai Senin (15/08/2022) hingga Rabu (17/08/2022).

"Nantinya ini akan menjadi pesta rakyat dan bisa dihadiri wisatawan," ucap Ketua Yayasan Somatua sekaligus pengelola kawasan wisata Keakwa, Maximus Tipagau, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Acara yang turut didukung oleh Freeport, Pemda Mimika, TNI, dan Polri itu melibatkan dua distrik, yakni Kokonaw dan Timika Baru, dengan total delapan kampung.

Baca juga: 20 Ide Lomba 17 Agustus yang Unik dan Meriah 

Selain pesta rakyat, penyelenggara juga bakal menghadirkan kegiatan unik yang diberi nama "Dokter Terbang".

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dokter Terbang adalah kegiatan kerja sama Yayasan Somatua dan dokter-dokter Timika. Rencananya, akan ada empat orang dokter yang datang untuk memberikan penyuluhan gizi, pelayanan kesehatan, sekaligus pengobatan gratis.

"Masyarakat di sekitar bisa berobat dan bahkan melakukan tindakan operasi jika memungkinkan," sambungnya.

Kegiatan Dokter Terbang bukan kali pertama diselenggarakan oleh Yayasan Somatua. Sebelumnya, mereka kerap menghadirkan dokter ke kawasan pegunungan Intan Jaya. Namun, kini pihaknya mendatangkan dokter ke daerah pesisir.

Baca juga: Aturan Pasang Bendera Merah Putih Saat 17 Agustus

Dokter Terbang dihadirkan ke daerah-daerah dengan fasilitas kesehatan yang terbilang sulit dijangkau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.