Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 18:51 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

 

KOMPAS.com - Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) kerap dirayakan dengan meriah dan berbagai aktivitas kreatif.

Di kawasan wisata pesisir Keakwa, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, misalnya, warga setempat menggelar pesta rakyat yang juga bisa dihadiri wisatawan.

Baca juga: Apa Tema HUT Ke-77 RI dan Maknanya?

Aktivitas yang dihadirkan seperti lomba voli, festival tari Seka, dan festival perahu, serta digelar mulai Senin (15/08/2022) hingga Rabu (17/08/2022).

"Nantinya ini akan menjadi pesta rakyat dan bisa dihadiri wisatawan," ucap Ketua Yayasan Somatua sekaligus pengelola kawasan wisata Keakwa, Maximus Tipagau, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Acara yang turut didukung oleh Freeport, Pemda Mimika, TNI, dan Polri itu melibatkan dua distrik, yakni Kokonaw dan Timika Baru, dengan total delapan kampung.

Baca juga: 20 Ide Lomba 17 Agustus yang Unik dan Meriah 

Selain pesta rakyat, penyelenggara juga bakal menghadirkan kegiatan unik yang diberi nama "Dokter Terbang".

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dokter Terbang adalah kegiatan kerja sama Yayasan Somatua dan dokter-dokter Timika. Rencananya, akan ada empat orang dokter yang datang untuk memberikan penyuluhan gizi, pelayanan kesehatan, sekaligus pengobatan gratis.

"Masyarakat di sekitar bisa berobat dan bahkan melakukan tindakan operasi jika memungkinkan," sambungnya.

Kegiatan Dokter Terbang bukan kali pertama diselenggarakan oleh Yayasan Somatua. Sebelumnya, mereka kerap menghadirkan dokter ke kawasan pegunungan Intan Jaya. Namun, kini pihaknya mendatangkan dokter ke daerah pesisir.

Baca juga: Aturan Pasang Bendera Merah Putih Saat 17 Agustus

Dokter Terbang dihadirkan ke daerah-daerah dengan fasilitas kesehatan yang terbilang sulit dijangkau.

"Harapannya tentu adalah membuat kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik," ucap Maximus.

Promosi wisata Mimika

Keakwa, Mimika, Papua menggelar festival perahu dan dokter terbang untuk merayakan HUT ke-77 RI.DOK YAYASAN SOMATUA Keakwa, Mimika, Papua menggelar festival perahu dan dokter terbang untuk merayakan HUT ke-77 RI.

Keakwa dapat dikatakan merupakan destinasi wisata baru di Bumi Cendrawasi. Destinasi ini dapat ditempuh sekitar satu jam menggunakan perahu seama dari Pelabuhan Pomako, Timika.

Meski terbilang baru, di sana sudah tersedia setidaknya 15 homestay, tempat makan, dan akses air bersih.

Baca juga: 5 Tempat Wisata yang Gratis Saat HUT Ke-77 RI

Dikutip dari Tribun Papua, wisatawan yang berkunjung ke Keakwa juga bisa menelusuri wisata sejarah. Sebab, kampung tersebut pernah menjadi basis pertahanan Jepang saat diserang sekutu pada masa Perang Dunia II.

Jadi, wisatawan yang pergi ke sana bisa menemukan puing-puing perlengkapan perang peninggalan Jepang dan Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com