Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Suvarnabhumi Thailand Terapkan Sistem Baru untuk Keamanan

Kompas.com - 03/09/2022, 21:47 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber tatnews

KOMPAS.com - Bandara Suvarnabhumi di Thailand telah menerapkan sistem baru bernama Passenger Validation System (PVS) sejak Kamis (1/9/2022) guna meningkatkan keamanan dan kelancaran arus penumpang.

"PVS memverifikasi informasi pelaku perjalanan untuk mengoptimalkan kemampuan pemeriksaan dan meningkatkan standar keamanan," bunyi keterangan dari laman Tourism Authority of Thailand, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga:

Pelaku perjalanan cukup menunjukkan e-boarding atau dokumen mereka yang telah dicetak ke mesin yang telah dipasang. Nantinya mesin tersebut akan membaca dan mengecek informasi perjalanan mereka. 

Ilustrasi Bandara Suvarnabhumi di Thailand.Dok. UNSPLASH/Ruben Sukatendel Ilustrasi Bandara Suvarnabhumi di Thailand.

Proses pengecekan tersebut dikabarkan akurat, sehingga dapat mencegah pelaku perjalanan untuk memasuki area-area tertentu dan mencegah boarding pass yang telah dipindai sistem untuk digunakan lagi. 

Baca juga: 6 Pilihan Tempat Healing di Thailand, Santai di Pulau Terpencil

Adapun mesin ini akan dipasang di sejumlah titik sebagai berikut:

  • Pintu masuk ke pos pemeriksaan keberangkatan domestik di belakang konter check-in di Baris C-D (total ada delapan unit).
  • Pintu masuk ke pos pemeriksaan keberangkatan penumpang internastional di Zona 2, di belakang konter check-in di Baris J-K (dua unit), dan di belakang konter check-in di Baris L-M (dua unit).
  • Pintu masuk ke pos pemeriksaan keberangkatan penumpang internasional di Zona 3, di belakang konter check-in di Baris S-T (tiga unit).

Sebagai informasi, Bandara Suvarnabhumi adalah salah satu pintu masuk pelaku perjalanan luar negeri di Thailand, khususnya wilayah Kota Bangkok, selain Bandara Internasional Don Mueang. 

Baca juga: Wisata ke Thailand Akan Wajib Bayar Biaya Tambahan 300 Baht

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com