Kompas.com - 23/09/2022, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Mungkin kurang pas rasanya kalau jalan-jalan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tapi tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman. 

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Nah, berikut sejumlah oleh-oleh makanan khas populer di Labuan Bajo yang bisa jadi referensi saat kamu berbelanja di toko oleh-oleh setempat.

Rekomendasi oleh-oleh makanan khas Labuan Bajo

1. Kompiang

Kompiang adalah kudapan yang rasanya gurih dengan tekstur yang lebih padat dibanding roti. Di sisi atasnya ditaburi biji wijen, dan ada lubang di tengahnya yang diisi aneka rasa.

"Ada original, cokelat, keju, ayam, ayam sayur, ayam jamur pedas, tuna, tuna mayo, tuna pedas, sapi jamur, beef ham and cheese, pisang original, pisang keju, pisang cokelat, dan kelor," kata staf Kompiang Komey, Meity, kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Kain Tenun hingga Kopi Jadi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

Sejak dulu, sebagian masyarakat NTT sangat menyukai kompiang bahkan sering dijadikan oleh-oleh setiap bepergian ke luar kota.

"Kompiang (rasa original) tidak hanya terkenal di Labuan Bajo, namun juga di seluruh penjuru Manggarai Raya, termasuk Manggarai Timur, Manggarai Tengah, hingga Manggarai Barat," tuturnya.

Adapun harga untuk satu buah kompiang dibanderol mulai Rp 1.000 sampai dengan Rp 9.000, tergantung varian rasa.

2. Pia Bajo

Pia BajoInstagram/@piarasakuno Pia Bajo

Rasa Pia Bajo mirip perpaduan pia khas Bali dan pia khas Malang. 

"Kita buat di (Labuan) Bajo, dan menyesuakan dengan cita rasa lokal yang disukai. Lapisan luarnya renyah, namun tetap lembut di lapisan dalam," kata salah satu pegawai Kado Bajo, Irmaniati Ismadi, kepada Kompas.com, Kamis.

Ia menambahkan, ada tiga varian rasa Pia Bajo yang mereka jual, yaitu keju, kacang hijau dan cokelat. Varian paling laris adalah pia cokelat.

Baca juga: 85 Persen Rantai Pasok di Labuan Bajo Ternyata Masih dari Luar Daerah

3. Kopi

ilustrasi kopi hitam. SHUTTERSTOCK/I KKADEK FERRY DWI YANTA ilustrasi kopi hitam.

Wilayah Manggarai terkenal akan biji kopi yang khas. Kamu bisa menemukan banyak sekali toko yang menjual bubuk kopi siap saji, baik varian robusta maupun arabika.

Berbagai UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) menjajakan bubuk kopi terbaiknya. Salah satunya Kopi Tubruk Rempah dari Kopito yang dibanderol mulai dari Rp 15.000.

Kemudian ada pula biji kopi Manggarai asli yang dijual oleh Beta Kopi Bajo seharga Rp 46.000 untuk kemasan 200 gram.

Sementara itu, untuk bubuk kopi Arabika Manggarai dijual seharga mulai Rp 85.000 dan bubuk kopi Robusta Manggarai dijual seharga mulai Rp 60.000 oleh Ponan Coffee.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tampilkan Keunggulan Kopi Colol

4. Olahan ikan

Sambal olahan ikan laut khas Manggaraie-catalog Labuan Bajo Sambal olahan ikan laut khas Manggarai

Sebagai daerah pesisir, Labuan Bajo menawarkan beraneka ragam olahan ikan laut, termasuk dalam bentuk abon, se'i, koya, dan aneka sambal.

Ada sambal ikan asap cakalang dari Koro Dhega yang dibanderol mulai dari Rp 25.000 untuk kemasan 150 gram.

Kemudian ada pula abon ikan dari Indo Latifa yang dijual mulai Rp 30.000, dan sambal ikan asing dari Sambal Kapten yang dibanderol mulai dari Rp 35.000.

Baca juga: Bambu, Sahabat Spesial bagi Masyarakat Ngada di NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.