Kompas.com - 18/11/2022, 19:07 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Eusebius Neno Tembek memberanikan diri untuk membangun kafe di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia mulai membuka kafenya itu pada Januari 2021 lalu. Situsasi saat itu lagi sulit akibat pandemi Covid-19. Ia pun memberi nama kafenya itu Kafe G20. Nama itu diberikan bukan tanpa alasan.

Ebi menuturkan, pada akhir tahun 2020, ia sudah memikirkan untuk membuka kafe di kota Labuan Bajo.

Baca juga: Itinerary Wisata ala Delegasi KTT G20 di Bali, Bisa Kamu Coba

Baginya, status Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas (DSP) adalah peluang bagi anak-anak muda untuk berwirausaha khususnya di sektor wisata.

Tahun 2021 hingga 2022, lanjut dia, Labuan Bajo menjadi tempat terselenggaranya beberapa kegiatan side event G20.

“Saya melihat banyak peluang usaha bisnis salah satunya industri wisata yang muncul dengan Indonesia menjadi tuan rumah G20. Khususnya Labuan Bajo mendapat dampak positifnya," kata dia kepada Kompas.com di Kafe G20, Kamis (17/11/2022).

Abadikan momen Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20

Maka dari itu, ia membuka kafe dengan nama Kafe G20. Nama itu digunakan agar kisah saat Indonesia menjad tuan rumah KTT G20 akan menjadi cerita di kemudian hari.

“Saya ingin da cerita dari generasi ke generasi, bahwa Indonesia pernah jadi tuan rumah KTT G20 dan Labuan Bajo menjadi tempat terselenggaranya beberapa kegiatan Side Event G20,” ungknya.

Baca juga: 5 Aktivitas Kepala Negara G20 Selama di Bali, Ada yang Jalan Kaki

Ia mengatakan, terselenggarnya berbagai kegiatasn side event G20 di Labuan Bajo memberikan dampak positif terhadap kemajuan ekonomi masyarakat.

“Harapannya, semua masyarakat, khususnya anak muda bisa melihat Labuan bajo ini sebagai peluang untuk usaha. Masyarakat di Labuan Bajo tidak boleh menjadi penonton, tetapi menjadi pelaku dari semua lini sektor pembangunan ekonomi,” katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.