Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 16:32 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Swiss adalah negara federal berisi 26 canton (seperti provinsi) yang ada di Eropa Tengah. Negara ini dikenal salah satunya untuk destinasi liburan musim dingin.

Hal ini wajar lantaran 60 persen atau sebagian besar wilayah Swiss merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

Lantaran berada di dataran tinggi, pegunungan Alpen memiliki curah hujan tinggi dan salju abadi. Di atas 3.000 mdpl, terdapat salju abadi yang menyelimuti pegunungan Alpen dan sifatnya permanen. 

Baca juga:

Marketing Representative Switzerland Tourism Vidia Panna mengatakan, Swiss sejak dulu identik dengan salju dan dikenal menjadi incaran wisatawan dari berbagai dunia, terutama penyuka olahraga es.

"Sejak 1864, Swiss telah menjadi tuan rumah untuk berbagai snow sports (olahraga salju). Sehingga, kami juga telah berpengalaman menyajikan aktivitas berbasis salju," ujar Vidia dalam webinar, Rabu (30/11/2022).

Aktivitas wisata di Swiss saat musim dingin

Turis Indonesia menaiki eskalator kabel di Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers, Valmorel, Perancis, Senin (9/4/2018). Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers merupakan salah satu tempat bermain ski untuk pemula.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Turis Indonesia menaiki eskalator kabel di Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers, Valmorel, Perancis, Senin (9/4/2018). Pegunungan Alpen di sisi Les Avanchers merupakan salah satu tempat bermain ski untuk pemula.

Ia mengatakan, salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat datang ke Swiss di kala musim dingin adalah bermain ski.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bermain salju, snowshoeing, hingga sledding.

Baca juga: 6 Tips Wisata ke Swiss, dari Cara Bikin Visa sampai Bujet Wisata

Lebih lanjut, Vidia menjelaskan bahwa Swiss menawarkan banyak tempat untuk wisata ski.

Para pemula tidak perlu khawatir karena terdapat 172 sekolah ski atau tempat kursus yang bisa didatangi. 

Di sana, para instruktur siap mengajarkan mulai teknik dasar ski.

"Di beberapa resor juga menyediakan video perkenalan kepada ski, seperti apa, baru turis bisa mencoba bermain ski," kata Director Southeast Asia Switzerland Tourism Batiste Pilet. 

Lebih lanjut, katanya, lanskap Swiss berupa pegunungan dengan lereng panjang dan alami akan menciptakan pengalaman berbeda dari tempat lainnya. 

Baca juga: 10 Alasan Wajib Coba Liburan ke Swiss Saat Musim Dingin

Namun, kata Vidia, bagi wisatawan yang hanya ingin bersantai menikmati keindahan musim dingin dan tidak terlalu suka bergerak, bisa melakukan beragam aktivitas yang tidak kalah menarik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Ini mulai dari berendam di pemandian air panas, berfoto di foto Instagramable, mencoba kuliner di restoran, serta pelayanan lain di resor-resor yang memberikan fasilitas kebugaran dan spa.

"Swiss punya jembatan dan fasilitas lain, yang bisa dikunjungi untuk melihat langsung pemandangan indah di depan mata, sambil foto-foto dengan latar belakang yang cantik untuk Instagram," ujar Vidia. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com